Era Emas Marquez

Senin, 27 Oktober 2014 - 13:59 WIB
Era Emas Marquez
Era Emas Marquez
A A A
SEPANG - Marc Marquez akhirnya menciptakan rekor kemenangan ke-12 dalam satu musim di ajang MotoGP. Keberhasilan itu berkat finis terdepan saat melakukan balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin.

Meski mengawali start buruk, Marquez tetap menunjukkan performa terbaiknya untuk mengakhiri lomba dengan kemenangan. Pembalap berusia 21 tahun itu menyentuh garis finis pertama dengan waktu 40 menit 45,523 detik. Hasil ini lebih baik dibandingkan dua pembalap Yamaha, Velentino Rossi, yang terpaut 2,445 detik dan unggul 3,508 detik atas Jorge Lorenzo.

Kemenangan itu membuatnya menyamai rekor mantan pembalap asal Australia Mick Doohan, yakni meraih 12 kemenangan semusim pada 1997. Namun, agresivitas Marquez ternyata masih kurang bagus dibandingkan legendaris MotoGP tersebut. Pasalnya, Doohan menciptakan rekor itu hanya dengan 15 balapan, lebih sedikit dua balapan ketimbang Marquez.

Akan tetapi, Marquez tetap bangga dengan prestasinya itu. Pembalap asal Spanyol itu lega akhirnya mengakhiri paceklik gelar juara setelah mengalami kebuntuan di empat balapan sebelumnya. Keberhasilan itu jelas menjadi modal paling berharga untuk memecahkan rekor kemenangan, asalkan pembalap berjuluk Baby Alien itu kembali menjadi juara pada balapan terakhir di GP Valencia, Spanyol, Minggu (9/11).

"Rasanya sudah lama saya tak merasakan hal seperti ini, sejak saya menang beberapa bulan lalu," ujar Marquez, dilansir Autosport. "Saya sempat bercanda dengan wartawan sebelum ini (terkait rekor Doohan), meski saya gagal meraih kemenangan sebelumnya. Karena itu, kemenangan ini akan saya rayakan di depan fans saya," ujarnya.

Sementara Rossi puas finis di tempat kedua. Prestasi itu merupakan hasil terbaik The Doctor, julukan Rossi, di Sepang. Meski sudah berusaha mendapatkan kemenangan ketiganya musim ini, Rossi harus mengakui Marquez tampil konsisten di sepanjang lintasan berjarak 5,548 km tersebut.

”Ini adalah balapan yang hebat bagi saya. Sebab, saya berjuang hingga akhir balapan,” kata Rossi. "Saya bekerja keras bersama tim untuk memodifikasi kecepatan motor agar jauh lebih baik hari ini (kemarin). Perlombaan yang fantastis dan saya sangat menikmatinya, meski Marquez lebih baik dalam hal penggunaan ban. Dia pantas menang," papar Rossi.

Setidaknya hasil itu membuat rider asal Italia ini masih terus mengamankan posisi kedua di klasemen pembalap musim ini. Dengan tambahan 20 poin di balapan kemarin, juara dunia tujuh kali itu kini mengumpulkan 275 poin. Dia unggul 12 angka atas Lorenzo di posisi ketiga. Sementara rekan Marquez, Dani Pedrosa, harus terhenti dari persaingan perebutan posisi runner-up setelah terjatuh dua kali pada balapan tersebut.

Raikhul amar
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5681 seconds (0.1#10.140)