Saling Bantai Jadi Opsi

Rabu, 29 Oktober 2014 - 00:25 WIB
Saling Bantai Jadi Opsi
Saling Bantai Jadi Opsi
A A A
PADANG - Semen Padang dan Arema Cronus bakal melakoni pertempuran penentuan lolos ke semifinal Indonesia Super League (ISL). Kedua tim dituntut saling mempecundangi di Stadion Agus Salim, Rabu (29/10) sore, karena posisi sama-sama belum aman untuk lolos.

Tekanan lebih berat ada di tuan rumah Semen Padang, yang mutlak harus menang jika ingin garansi ke semifinal. Sebenarnya dengan poin 9 dan berada di posisi kedua klasemen, kalah pun bisa lolos asalkan Persipura Jayapura juga kalah di Lamongan.

Arema Cronus, sebagai pemuncak klasemen dengan 10 angka, juga belum sepenuhnya aman. Jika sampai kalah, maka peluang Arema bisa menguap seandainya Persipura menang di kandang Persela Lamongan. Situasi yang akhirnya hanya menyisakan satu opsi, yakni saling bantai.

Arema sebenarnya sudah aman dengan hasil imbang karena tak akan terkejar Semen Padang. Persoalannya mengincar hasil imbang adalah pekerjaan yang nanggung karena rawan terpeleset jika melihat motivasi tuan rumah yang wajib menang.

"Saya ingin menang. Sebenarnya imbang sudah cukup untuk lolos, tapi jujur saja mencari hasil imbang itu gampang-gampang susah dan malah sangat berisiko jika kami main setengah-setengah. Ini pertandingan yang atmosfirnya berbeda, jadi harus tancap gas," terang Suharno, Pelatih Arema Cronus.

Arema memiliki history yang memuaskan karena pernah menang 0-1 di Agus Salim pada putaran pertama wilayah barat lalu. Paling tidak itu bisa menjadi inspirasi atau tambahan konfidensi bagi Ahmad Bustomi dkk. Namun Suharno justru memberikan warning untuk timnya.

"Jangan sekali-sekali berpikir bahwa Arema akan mengulang kemenangan. Saya menyarankan pemain tidak memikirkan hasil dulu. Pekerjaan awal yang wajib dilakukan adalah bermain sebaik mungkin dan tak melakukan kesalahan. Semen Padang tim yang berbahaya," demikian Suharno.

Arema bakal bisa memainkan komposisi idealnya setelah Thierry Gathuessi kembali dari skorsing akumulasi kartu kuning. Dengan adanya Thierry, Suharno lebih bisa melakukan variasi taktik, baik 4-3-3 maupun 3-5-2 yang jarang sukses sejauh ini.

Melihat karakter kedua tim, tampaknya bakal tersaji sebuah pertandingan yang mendewakan kecepatan. Arema dan Semen Padang sama-sama memiliki pemain depan dan sayap berkecepatan tinggi dan bisa menjadi pembeda laga.

Dari kubu Semen Padang, Pelatih Jafri Sasta kepada wartawan mengatakan timnya dalam kondisi siap tempur demi tiket semifinal. Kabau Sirah menurutnya harus menentukan nasib sendiri, tanpa berharap Persipura kalah di Lamongan.

"Harus diakui ada kemungkinan faktor keberuntungan untuk lolos ke semifinal, tapi kami akan fokus memenangkan pertandingan karena itu yang sangat kami butuhkan. Semuanya bisa terjadi karena Arema dan Semen Padang di level yang sama dan pernah saling mengalahkan," ulas Jafri Sastra.

Jafri Sastra maupun Suharno sama-sama menyebut peluang untuk menang adalah fifty-fifty. Semen Padang yang berpredikat sebagai tuan rumah belum bisa menepuk dada karena faktanya bisa ditaklukkan Singo Edan pada fase wilayah lalu.

"Dalam kondisi ini bermain di kandang belum menjadi jaminan. Jika melihat bobot lawan, maka pilihan satu-satunya adalah bermain dalam level terbaik. Saya rasa tim sudah sangat siap beradu teknik dan mental dengan Arema," tandas Jafri Sastra.(kukuh setyawan)

Semen Padang (4-4-2):
Fakrurrazi (gk), Hengki Ardiles, Saefulloh, Seftia Hadi, Novan Setya; Hendra Bayauw, Esteban Vizcarra, Hyu Yun Koo, Eka Ramdani; Osas Saha, Nur Iskandar.

Arema Cronus (4-3-3):
Kurnia Meiga (gk), Thierry Gathuessi, Victor Igbonefo, Purwaka Yudhi, Johan Alfarizie; Ahmad Bustomi, Gustavo Lopez, Juan Revi; Samsul Arif, Cristian Gonzales, Beto Goncalves.

Peluang Lolos Grup A:

Arema Lolos Jika:
-Menang atas Semen Padang, berapa pun skornya.
-Imbang lawan Semen Padang, berapa pun skornya.
-Kalah dari Semen Padang, asalkan Persipura juga kalah di Lamongan.

Semen Padang Lolos Jika;
-Menang atas Arema Cronus, berapa pun skornya.
-Imbang lawan Arema Cronus, asalkan Persipura imbang atau kalah berapa pun skornya
-Kalah dari Arema Cronus, asalkan Persipura juga kalah.

Persipura Jayapura Lolos Jika:
-Menang atas Persela Lamongan, berapa pun skornya.
-Imbang lawan Persela, asalkan Semen Padang kalah dari Arema.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5926 seconds (0.1#10.140)