Transfer 'Numpang Lewat'

Sabtu, 15 November 2014 - 08:18 WIB
Transfer Numpang Lewat
Transfer 'Numpang Lewat'
A A A
Indonesia Super League (ISL) 2014 sudah berlalu dan dan mungkin pula menjadi akhir penderitaan sejumlah pemain. Yakni mereka yang gagal menunjukkan performa terbaiknya di musim 2014 dan berharap lebih beruntung di musim berikutnya.

Di antara tim-tim Jawa Timur, beberapa nama yang sebelumnya menjadi langganan tim utama, ternyata hanya 'numpang lewat'. Mereka gagal memberikan kontribusi kepada tim barunya dengan berbagai alasan, baik merosotnya performa hingga cedera panjang.

Tak pelak, bangku cadangan atau bahkan tak tercantum di daftar susunan pemain sudah menjadi hal yang biasa. Padahal di klub sebelumnya, para pemain itu merupakan kekuatan yang tak pernah ditinggalkan pelatih. Siapa saja mereka?

-Arif Suyono (Arema Cronus)

Kembali ke Malang dengan harapan mengulang suksesnya, ternyata hasilnya di luar dugaan. Pemain yang pernah merantau ke Sriwijaya FC dan Mitra Kukar ini gagal menembus tim utama, walau dirinya pernah menjadi bagian tim nasional. Bahkah kegagalan pemain bersapa Keceng ini sudah terlihat sejak pra musim. Dia tak mampu menerjemahkan strategi Suharno dan itu berlanjut hingga akhir musim. Arif Suyono tidak pernah menjadi starter di ISL. Musim paling tragis sepanjang karirnya.

-Jimmy Suparno (Arema Cronus)

Pemain sayap ini sebelumnya adalah kekuatan utama Persela Lamongan. Sayang musim 2014 tak bersahabat bagi Jimmy yang di awal musim memutuskan berlabuh di Persegres Gresik United. Setengah musim di Gresik, dia diambil Arema Cronus pada putaran dua wilayah barat. Semula pemain ini dianggap solusi untuk bek kanan, karena bisa beroperasi sebagai full back. Sayang nama Jimmy Suparno hanya menjadi pelengkap dan hanya sekali bermain untuk Arema, itu pun sebagai pemain pengganti.

-Nopendi (Persepam Madura United)

Pada akhir 2013, manajemen Persepam Madura United mati-matian mendatangkan Nopendi dari Persiba Bantul. Bahkan Manajer Persepam Achsanul Qosasi harus melakukan negosiasi yang sangat alot. Sayang kerja keras itu tak terbayar dengan permainan impresif sang pemain. Nopendi justru sudah cedera ketika ISL belum dimulai dan sepanjang musim hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya berlaga. Padahal eks pemain tim nasional ini semula diprediksi bakal menjadi bintang di Persepam.

-Gustavo Chena (Persegres Gresik United)

Playmaker Gustavo Chena secara mengejutkan kembali ke Persegres pada putaran dua walau musim 2012-2013 sudah dipecat dari Stadion Petrokimia. Kedatangan kedua kalinya ke Persegres terbukti hanya 'numpang lewat'. Pemain yang pernah dipercaya sebagai kapten Persegres ini hanya sekali bermain dan kalah bersaing dengan Shohei Matsunaga. Sungguh transfer yang sangat buruk untuk seorang pemain asing. Direkrutnya kembali Chena disebut hanya karena kedekatan dengan pelatih Alfredo Vera.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9993 seconds (0.1#10.140)