Hamilton Juara Dunia F1 2014

Senin, 24 November 2014 - 10:23 WIB
Hamilton Juara Dunia F1 2014
Hamilton Juara Dunia F1 2014
A A A
ABU DHABI - Lewis Hamilton merebut gelar juara dunia Formula One (F1) 2014.Pembalap Mercedes AMG itu menjadi yang terbaik tahun ini setelah tampil sebagai yang tercepat pada GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina tadi malam.

Sukses ini merupakan gelar juara dunia yang kedua bagi Hamilton. Sebelumnya, dia pernah menjadi raja balapan jet darat bersama McLaren Mercedes pada 2008 lalu. Akan tetapi, ini merupakan hasil yang paling fantastis yang diraihnya. Sebab pembalap asal Inggris itu mampu meraih 11 kemenangan dalam satu musim.

Pada balapan di Sirkuit Yas Marina tersebut Hamilton berhasil menempati podium pertama setelah mencatatkan waktu satu jam 39 menit 02,619 detik. Capaian itu lebih bagus dari duo pembalap Williams-Mercedes, Fellipe Massa (yang terpaut 2,500 detik) serta Valtteri Bottas (dengan selisih 28,800 detik). Dengan begitu, Hamilton berhak mendapatkan 50 poin karena balapan di Sirkuit Yas Marina memberlakukan poin ganda dan membuat dirinya kini mengoleksi 384 poin secara keseluruhan.

Apalagi, rekan setimnya di Mercedes dan pesaing terkuatnya dalam perebutan gelar juara dunia, Nico Rosberg, tidak memberikan perlawanan yang berarti di balapan tersebut. Mobil Rosberg mengalami kendala pada engine power dan membuat posisinya terus kedod o ra n . Bahkan, dia harus puas menyelesaikan race di posisi ke-14. “Ini adalah hari yang besar dalam hidup saya. Perasaan terbaik yang pernah saya rasakan,” ucap Hamilton seperti dilansir bbcsport.

“Saya mengawali balapan dengan baik. Akselerasi mobil terasa cepat saat start. Kinerja mobil sangat luar biasa,” imbuhnya. Hamilton memulai balapan dengan sangat baik. Meski start dari posisi kedua, dia mampu melesat meninggalkan Rosberg yang mengawali lomba dari pole position. Rosberg yang tertinggal 17 poin dari Hamilton di klasemen dan harus finis pertama untuk membuka peluang meraih gelar juara dunia, justru mengalami kesialan.

Rosberg melakukan kesalahan strategi di pit stop pada lap ke- 34. Kejadian itu membuat dia terkapar dan bekerja keras memperbaiki posisinya yang sempat tercecer di luar 10 besar. Namun mobil yang dikendarai pria berusia 29 tahun tersebut ternyata memiliki banyak masalah. Tim Mercedes sempat menyuruhnya berhenti di dua lap terakhir. Tapi Rosberg menolak.

Alhasil, dia harus puas finis di urutan ke-14. Sementara bagi Williams, keberhasilan menempatkan kedua pembalapnya berada dipodium merupakan yang pertama kali sejak terjadi pada 2005. Bahkan, Massa pun mengaku senang dengan musim ini. Sebab, dia berkontribusi sehingga timnya menempati posisi ketiga di klasemen konstruktor.

Raikhul Amar
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0160 seconds (0.1#10.140)