Persija dan Persib Mundur

Sabtu, 29 November 2014 - 22:40 WIB
Persija dan Persib Mundur
Persija dan Persib Mundur
A A A
MEDAN - Persija Jakarta, Persib Bandung, Selanggor FC (Malaysia), dan Yangon FC (Myanmar) dipastikan tak ambil bagian di turnamen Marahalim Cup 2015, Januari 2015. Sebagai gantinya, Panitia memasukkan Pelita Bandung Raya, tim Liga Super Australia Perth Glory Austarlia, Home United Singapura, dan Timnas U-20 Myanmar sebagai peserta.

Ketua Panitia Tursilo menjelaskan, batalnya Persija turut serta karena belum terbentuknya tim menatap kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan. Saat ini, tim berjuluk Macan Kemayoran itu, tengah melakukan evaluasi dan konsolidasi hasil pencapaian ISL 2014.

Sementara Persib, lanjut Tursilo, waktu turnamen berbenturan dengan agenda sang jawara ISL 2014 itu. Dimana, Ferdinan Sinaga dkk akan menjalani training center (TC) atas undangan Presiden Inter Milan Erick Thohir.

"Sebenarnya, Persib sangat antusias mau ikut, tapi waktunya berbenturan dengan agenda mereka yang diundang salah satu komisaris Persi, Erick Thohir jalani TC di Italia. Bahkan, mereka minta pengunduran jadwal tunamen, tapi itu tidak mungkin lagi dilakukan karena rekomendasi dari PSSI sudah ditetapkan," jelasnya.

Sedangkan peserta luar negeri, Selangor FC Malaysia membatalkan niat mereka. Ini dilakukan, karena jadwal kompetisi Liga Super Malaysia sudah mulai bergulir Januari, sama dengan turnamen Marahalim Cup dimulai. Namun, berbeda dengan Yangon FC Myanmar. Tim ini membatalkan diri, namun, sebagai pengantinya Timnas U-20 Myanmar mengantikannya.

"Yangon FC berbeda dengan Selangor FC. Yangon mengundurkan diri karena permintaan Federasi Sepak bola Myanmar, yang meminta digantikan dengan Timnas U-20 Myanmar sebagai persiapan mewakili Asia untuk ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru," tandasnya.

Timnas Myanmar U-20 mendapatkan jatah tiket ke Piala Dunia U-20 2015, seusai menaklukkan Uni Emirat Arab (UEA) U-19 dengan skor 1-0 pada babak perempat final Piala Asia U-19 2014 di Stadion Thuwunna, Yangon, Oktober lalu. Berdasarkan regulasi yang ada, tim yang lolos ke semifinal Piala Asia U-19 dipastikan mewakili Asia untuk ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru. Bagi Myanmar, bisa tampil ke Piala Dunia U-20 menjadi catatan kali pertama bagi sejarah sepak bola mereka.

Dengan demikian, delapan tim sudah memastikan tampil di turnamen Marahalim Cup. Yakni, PSMS Medan, Medan Jaya, Semen Padang, PSM Makassar, Pelita Bandung Raya, Perth Glory Austarlia, Home United Singapura dan Timnas U-20 Myanmar. Bahkan, Tursilo membebekan, ada kemungkinan menjadi sembilan tim lantaran Persipura mengajukan minatnya.

"Persipura sudah mengajukan diri untuk menjadi peserta. Keputusan pastinya, tinggal menunggu kepastian dari manajemen. Bila, manajemen memberikan sinyal, maka menjadi 9 tim yang ikut turnamen," pungkas Tursilo.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6115 seconds (0.1#10.140)