Tiga Tim Menggeliat, Persela dan Persik Masih Terlelap

Selasa, 02 Desember 2014 - 21:52 WIB
Tiga Tim Menggeliat, Persela dan Persik Masih Terlelap
Tiga Tim Menggeliat, Persela dan Persik Masih Terlelap
A A A
SURABAYA - Desember menjadi titik start bagi sebagian tim-tim Indonesia Super League (ISL) di Jawa Timur. Dari lima tim yang bakal bertarung musim depan, tiga di antaranya telah memulai aktivitas di atas rumput.

Dimulai Persebaya yang sudah mulai latihan pekan lalu, disusul Arema Cronus pada Senin (1/12/2014), serta Persegres Gresik United pada Rabu (3/12/2014). Hanya dua tim yang masih terlelap, yakni Persela Lamongan dan Persik Kediri.

Kendati belum ada aktivitas di lapangan, Persela memastikan akan mulai menggeliat paling lambat pertengahan bulan ini. Hanya Persik Kediri yang belum memastikan kapan bakal memulai program pramusim.

Pada hari-hari pertama latihan, skuad yang mengikuti latihan belum komplet dan materi latihan pun terbatas. Arema Cronus misalnya, masih sebatas berlatih di lapangan futsal dan belum bisa diperkuat empat pemain yang baru pulang dari tim nasional.

Namun, diperkirakan pekan pertama latihan sudah ada kabar soal pemain baru. Hasim Kipuw, eks full back Persebaya Surabaya direncanakan bakal mengikuti latihan. "Ya, saya akan berlatih bersama tim Arema secepatnya," ujar Hasim, Selasa (2/12/2014).

Hasim Kipuw merupakan pemain lokal yang terbilang paling dekat dengan tim Singo Edan selama bursa transfer. Sejak jauh hari dia sudah diketahui bernegosiasi dengan CEO Arema Cronus Iwan Budianto setelah memutuskan tak memperpanjang kontrak di Persebaya.

Dari Surabaya, dua asisten pelatih Persebaya Tony Ho dan Ibnu Grahan memimpin latihan tanpa pelatih kepala. Persebaya masih dalam tahap pencarian pelatih, sehingga dua asisten tersebut sementara bertanggungjawab dalam latihan tim.

Latihan pun belum mengarah pada aspek strategis, tapi sebatas menjaga kondisi pemain. "Baru tahap awal, yakni mengembalikan kondisi pemain. Mungkin baru optimal setelah ada pelatih baru," ujar Tony Ho.

Bagaimana dengan Persegres? Bakal memulai aktivitas di Stadion Petrokimia pada Rabu, pelatih anyar Liestiadi langsung memulai program seleksi. Sejumlah pemain direncanakan bakal langsung mengikuti seleksi hari pertama.

"Pelatih Liestiadi datang pada Selasa, kemudian memimpin latihan tim dengan menggelar seleksi terlebih dulu. Akan ada beberapa pemain yang akan ikut seleksi, mungkin salah satunya pemain asing Sasa Zecevic," terang Manajer Persegres Bagoes Cahyo Yuwono.

Dari Lamongan, walau terlihat belum ada tanda-tanda kehidupan, manajemen menargetkan paling lambat tengah bulan Desember kembali ke lapangan. "Masih menunggu pelatih baru. Kalau sudah ada, langsung latihan sekaligus seleksi pemain," kata Manajer Persela Yunan Achmadi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)