Poin Ganda Dihapus di F1 Musim 2015

Kamis, 04 Desember 2014 - 02:37 WIB
Poin Ganda Dihapus di F1 Musim 2015
Poin Ganda Dihapus di F1 Musim 2015
A A A
DOHA - Menghindari kontroversi, Federasi Automobil Internasional (FIA) akhirnya menghapus aturan poin ganda pada lomba Grand Prix F1 musim 2015. Keputusan itu diambil seusai pertemuan World Motor Sport Council (WMSC) di Doha, Qatar, Rabu (3/12/2014)

Awalnya FIA menerapkan poin ganda pada lomba terakhir di Grand Prix (GP) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Tujuannya agar tercipta persaingan sengit dan memperpanjang pertempuran lomba hingga akhir musim. Namun, alih-alih membuat persaingan kian ketat, aturan itu justru mendapat reaksi negatif karena lebih banyak kekurangannya.

Seperti kasus musim 2014, format tidak populer itu sempat mengancam gelar pembalap Mercedes Lewis Hamilton. Pembalap Inggris itu tidak akan jadi juara dunia jika kalah dari rekan setimnya Nico Rosberg pada lomba terakhir di Abu Dhabi, meskipun Lewis Hamilton memenangkan 10 balapan, dan Rosberg hanya lima kali naik podium utama. Dengan penghapusan tersebut, aturan itu hanya bertahan satu musim saja.

Hamilton pun sempat menolak aturan itu. "Pertanyaannya adalah apakah fair? Anda datang ke lomba terakhir, dengan modal positif yang telah didapat sepanjang musim. Tapi, pada momen terakhir Anda gagal finish, atau mobil Anda terbakar pada kualifikasi," katanya.

Selain penghapusan poin ganda, FIA juga memutuskan tidak akan ada restart berdiri di belakang safety car. Komisi F1 mengemukakan gagasan itu untuk diterapkan pada awal tahun ini, tetapi setelah diadakan kajian menyeluruh dari potensi kesulitan, penerapan aturan itu akhirnya dibatalkan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1014 seconds (0.1#10.140)
pixels