Bidik Emas SEA Games dan Olimpiade

Rabu, 10 Desember 2014 - 16:17 WIB
Bidik Emas SEA Games...
Bidik Emas SEA Games dan Olimpiade
A A A
SURABAYA - Dua agenda multievent internasional menjadi target utama Pengurus Besar (PB) Persatuan Golf Indonesia (PGI). Terdekat adalah membidik medali emas SEA Games 2015 dan meloloskan atlet ke babak kualifikasi Olimpiade 2016 di Brasil.

Target tersebut diungkapkan Ketua Umum PB PGI Murdaya Widyawimarta Poo di sela Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PGI di Surabaya, Jawa Timur, tadi malam “Pada Olimpiade 2016, untuk pertama kali cabang olahraga golf akan ikut dipertandingkan. Kami menargetkan bisa meloloskan paling tidak satu atlet,” katanya didampingi Sekretaris Jenderal PB PGI Christine Wiradinata.

Namun untuk meloloskan atlet ke Olimpiade tidak mudah. Sebab hanya pegolf amatir yang masuk peringkat ke- 300 dunia yang berhak ikut kualifikasi Olimpiade. “Saat ini ada beberapa pegolf amatir Indonesia yang menempati peringkat 400-an dunia. Kita punya peluang menembus Olimpiade 2016,” imbuhnya.

Salah satu upaya, PB PGI akan memperbanyak mengirim atlet untuk mengikuti turnamen internasional sehingga bisa mendongkrak peringkat. “Kami akan optimalkan kemampuan para pegolf tersebut melalui beberapa turnamen berskala internasional agar peringkatnya terus naik,” papar Murdaya.

Untuk program jangka panjang, PGI juga akan mendorong upaya pemasyarakatan olahraga golf dan peningkatan kualitas pelatih. “Masalah pelatih dan pembibitan atlet tidak bisa kita lupakan. Peningkatan kualitas pelatih melalui sertifikasi terus kita dorong, “ ucap Murdaya.

Dia juga meminta seluruh pengurus provinsi (pengprov) PGI agar menyiapkan atlet golf usia 15–18 tahun agar bisa berprestasi di tingkat internasional. “Kami juga berharap adanya sinergi antara PGI dan para pemilik lapangan golf, pengurus provinsi, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya agar nantinya muncul bibit-bibit pegolf di seluruh Indonesia,” sebut Murdaya.

Selain mendukung peningkatan prestasi bagi atlet-atlet muda golf di Tanah Air, Murdaya mengatakan bahwa hampir setiap bulan digelar kejuaraan golf bagi pegolf muda Indonesia. “Sebagai pengurus golf, kami pun selalu menyediakan sarana untuk meningkatkan prestasi atlet kami dengan banyak berlatih dan banyak bertanding,” paparnya. Sebelum membidik tiket Olimpiade, PB PGI juga menargetkan raihan medali emas di SEA Games 2015 Singapura.

“Untuk persiapan SEA Games, kami akan menjaring 12 atlet, terdiri atas 7 putra dan 5 putri, untuk mengikuti program pemusatan pelatihan nasional (pelatnas), “ ujar Sekjen PB PGI Christine Wiradinata. Rencananya, pelatnas digelar mulai Februari 2015. Para atlet yang terjaring merupakan penghuni peringkat terbaik nasional sepanjang 2014, “Ditambah hasil turnamen terakhir Nick Faldo International Series pada Januari 2015,” ujarnya.

Sementara itu, Munaslub PGI di Surabaya yang dihadiri seluruh pengprov dan klub yang berjumlah lebih dari 110 pemilik suara memiliki agenda utama perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi.

Rachmad tomy
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8719 seconds (0.1#10.140)