Djanur Dapat Tantangan Naik Kelas

Rabu, 24 Desember 2014 - 15:47 WIB
Djanur Dapat Tantangan Naik Kelas
Djanur Dapat Tantangan Naik Kelas
A A A
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman mendapatkan tantangan untuk naik kelas. Djanur sapaan akrab pelatih yang sukses membawa Maung Bandung juara Indonesia Super League (ISL) 2014 itu mendapatkan tawaran ikut kursus kepelatihan lisensi A AFC.

Djanur sendiri sebenarnya baru saja menyelesaikan kursus lisensi B AFC di Sawangan, Depok yang berakhir, Selasa (24/12/2014) kemarin. Jika benar ia mendapatkan tawaran tersebut dan berhasil mengantongi lisensi A, itu sama artinya Djanur bisa menemani anak asuhnya berjuang di Asian Champion League (ACL) dan AFC Cup.

"Kalau secara langsung tawaran ke saya tidak ada. Tapi kalau benar ada (kursus lisensi A AFC), saya akan sangat berterima kasih," ujar Djanur, Rabu (24/12/2014).

Selama ini manajemen Persib Bandung sendiri belum mendapatkan sosok pelatih yang pas untuk membawa Maung Bandung berlaga di ACL 2015. Sebab di ACL 2015, pelatih kepala diharuskan mengantongi lisensi A AFC, sedangkan Djanur baru saja mengantongi B AFC.

Namun, kesempatan Djanur untuk membawa skuatnya berkiprah di level asia tersebut nampaknya akan segera terwujud setelah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuka jalur khusus kepada Djanur untuk mengikuti kursus lisensi A AFC pada pertengahan 2015 mendatang.

Seperti yang diungkapkan Direktur Teknik Kepelatihan PSSI, Poravankara Narayanan Nair Sivaji. Dirinya mengakui ada program jalur cepat yang disiapkan untuk beberapa pelatih yang berlaga di ISL. Selain Djanur, ada juga asisten pelatih Arema Cronus, Joko Susilo.

"Ada tiga kualifikasi untuk kepelatihan di AFC mulai dari C hingga A. Setidaknya, untuk para pelatih yang mendapatkan lisensi B harus memiliki pengalaman melatih satu tahun lebih dulu sebelum mengambil lisensi A," kata Sivaji.

"Namun, kami mencoba mengajukan jalur cepat sekitar lima sampai enam pelatih seperti pak Djadjang dan Joko, untuk mengambil lisensi A," sambungnya.

Hal senada diungkapkan staf Departemen Pengembangan PSSI, Efraim Ferdinand. Kata dia, untuk pengambilan lisensi A AFC di Indonesia bakal digelar pada 27 Juli hingga 25 Agustus 2015. "Alternatif tempatnya kalau tidak di Bojong Sari (Sawangan), ya di Yogyakarta," kata Efraim.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6600 seconds (0.1#10.140)