Keunggulan RC213V Honda Ketimbang M1 Yamaha

Kamis, 01 Januari 2015 - 12:09 WIB
Keunggulan RC213V Honda...
Keunggulan RC213V Honda Ketimbang M1 Yamaha
A A A
TOKYO - Keunggulan tim Repsol Honda dengan motor RC213V ketimbang YZR M1 milik Movistar Yamaha terletak pada stabilitas pengereman. Itu yang diutarakan Wakil Presiden HRC, Shuhei Nakamoto dan ini adalah salah satu strategi jitu bagaimana Marc Marquez mampu menggondol mahkota juara sebanyak dua kali secara berturut-turut.

"Ketika pembalap menikung dengan kecepatan tinggi, Yamaha jelas lebih cepat dari Honda dan mereka memiliki gas yang baik sejak awal. Tapi kekuatan Honda ada pada stabilitas pengereman dan mesin kami juga lebih baik saat tikungan lambat, sehingga lebih mudah untuk ditunggangi oleh siapa saja," kata Nakamoto dikutip Speedweek, Kamis (1/1/2015).

Nakamoto berusaha untuk membocorkan rahasia kegagalan tim Yamaha. Menurutnya, tim Garpu Tala banyak kehilangan waktu mereka karena menekan tepi ban lebih banyak. Itulah yang selalu dimanfaatkan Baby Alien merebut setiap kemenangannya.

"Ketika grip mulai menurun motor kami lebih mudah menjaga catatan waktu lap, karena motor kami tidak unggul di tikungan cepat. Tapi Yamaha banyak kehilangan waktu di daerah ini karena mereka menekan tepi ban lebih banyak," tambah Nakamoto.

"Sebagian besar balapan tahun ini, Marc menyusul di akhir-akhir balapan. Dia tidak suka berada di belakang, dia berusaha menyalip di awal balapan tapi itu tidak mungkin, karena corner speed dan akselerasi Yamaha lebih baik dari Honda. Maka dari itu Marc hanya menunggu ketika performa ban Yamaha mulai menurun."

Honda telah memenangkan 13 balapan di musim 2014 MotoGP. Sementara dua joki Yamaha, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo hanya mampu membukukan empat kemenangan. Pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, 17 Februari 1993 itu mencatatkan sejarah dengan menggondol trofi juara di Motegi, Jepang.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0730 seconds (0.1#10.140)