Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter

Kamis, 22 Januari 2015 - 21:31 WIB
Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter
Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter
A A A
MUNICH - Media sosial saat ini mempunyai pengaruh luar biasa dalam menyebarkan informasi, sehingga membuatnya menjadi sangat penting. Tidak terkecuali buat sebuah klub sepak bola profesional, selain sebagai ajang memberikan informasi seputar aktivitas klub kepada para penggemar.

Twitter juga terbukti paling ampuh sebagai sarana promosi sebuah klub. Menjaga hubungan baik dengan para fans, membuat klub dengan rajin mengasuh akun twitter resmi klub. Selain membocorkan informasi seputar transfer pemain, twitter juga bisa jadi tolak ukur kepopuleran sebuah klub di dunia.

Dari sekian banyak klub besar Eropa, Sindonews coba merangkumnya jadi 10 klub paling tenar di media Twitter. Berikut urutan pertama hingga sepuluh, klub paling populer dimedia sosial:

1. Real Madrid, 14,3 Juta Followers

Tim raksasa asal Spanyol, Real Madrid tidak hanya menyandang klub paling sukses di Spanyol, tapi juga Eropa. 10 gelar Liga Champions yang mereka raih dan dengan deretan pemain bintang di dalam skuat Los Blancos -julukan Madrid-, membuat popularitas klub asal Ibukota Spanyol itu makin meroket.

Membuka akun Twitter resmi pada 2008 lalu, setahun sebelum skuat Catalan. Kini Madrid telah mempunyai 14,3 juta pengikut di Twitter. Kehadiran mega bintang Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, James Rodriquez hingga Toni Kroos membuat Madrid menjadi magnet buat fans sepak bola.

2. Barcelona, 13,8 Juta Followers

Barcelona menjadi klub kedua yang paling banyak diikuti sepak terjangnya di media sosial Twitter. Menjadi tim paling sukses dalam beberapa musim terakhir, dengan deretan prestasi menterang membuat klub Catalan itu punya basis penggemar diseluruh dunia. Tidak mengherankan bila La Blaugrana -julukan Barca- mempunyai lebih dari 13 juta pengikut.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Mengusung gaya sepak bola tiki taka yang identik dengan operan cepat dari kaki ke kaki, yang diperkenalkan oleh pelatih Josep 'Pep' Guardiola, membuat Barca sangat dikenal di dunia. Apalagi kehadiran peraih empat kali penghargaan Ballon d'Or, Lionel Messi dalam skuat mereka membuat Barca makin populer dan diprediksi ketenaran mereka bakal terus meningkat.

3. Arsenal, 5,12 Juta Followers

The Gunners -julukan Arsenal- menjadi klub asal Liga Primer Inggris yang paling banyak pengikut di Twitter, mengalahkan beberapa tim besar lainnya seperti Liverpool, Manchester United hingga Chelsea. Tingginya jumlah pengikut klub asal London, kemungkinan terkait dari pertama kali akun twitter dibuka yakni 2009 lalu.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Kesuksesan Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger, ditambah deretan pemain muda yang mengisi skuat mereka tentu jadi magnet buat penggemar sepak bola. Apalagi klub asal London itu terkenal mempunyai pendukung yang cukup fanatik, sehingga 5,12 juta pengikut saat ini akan terus bertambah.

4. Chelsea, 4,95 Juta Followers


Kucuran dana besar dari taipan Rusia, Roman Abramovich terbukti mampu membuat Chelsea menjadi klub paling populer kedua di di Liga Primer dan keempat di dunia. Deretan pemain bintang yang didatangkan Abramovich, membuat The Blues -julukan Chelsea- jadi salah satu klub paling kompetitif dalam beberapa dekade terakhir.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Bahkan di era Abramovich, Chelsea mampu meraih gelar Liga Champions untuk pertama kali dalam sejarah klub. Kehadiran pelatih seperti Jose Mourinho dan kedatangan Cesc Fabregas serta Diego Costa di Stamford Bridge -kandang Chelsea- membuat pamor Chelsea semakin menanjak di media sosial khususnya Twitter.

5. Galatasaray, 4,76 Juta Followers

Mengejutkan, Galatasaray mampu mengalahkan tim-tim besar seperti Liverpool, Bayern Muenchen hingga Manchester United sebagai tim kelima yang paling banyak punya pengikut Twitter di dunia. Meski punya reputasi bagus di Eropa, tapi hadirnya Galatasaray tentu sangat mengejutkan.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Apalagi klub raksasa asal Turki belum pernah meraih Liga Champions, namun semenjak mendatang pemain kelas dunia seperti Didier Drogba, Wesley Sneijder dan Felipe Melo. Popularitas Galatasaray semakin menanjak. Kini mereka mempunyai 4,76 juta pengikut di media sosial dan bakal terus bertambah.

6. Manchester United, 4,17 Juta Followers

Manchester United terbilang telat membuka akun Twitter pada April 2012 lalu, namun klub berjuluk Setan Merah itu sudah menarik 4,17 juta pengikut sejauh ini. Meski dalam dua musim terakhir, prestasi United menurun. Namun United tetap mempunyai pengikut setia di media sosial.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Reputasi United mulai kembali membaik, seiring kedatangan pelatih berpengalaman Louis van Gaal ke Old Trafford -kandang United-. United terbilang cukup aktif di dunia maya, selain Twitter skuat besutan Van Gaal juga membuka akun Google + serta Instagram.

7. Liverpool, 3,74 Juta Followers

Lama absen di kompetisi tertinggi Eropa, sepertinya mempengaruhi kepopuleran Liverpool. Meski akhirnya The Reds -julukan Liverpool- bisa kembali berlaga di Liga Champions, namun Liverpool hanya menempati peringkat tujuh sebagai klub dengan paling banyak pengikut Twitter di dunia.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Belakangan Liverpool selalu menjadi sorotan dalam dua musim terakhir, seiring insiden dan penampilan fenomenal Luis Suarez musim lalu. Namun setelah kehilangan Suarez, Liverpool kembali terseok-seok di Liga Primer. Sejauh ini dengan basis pendukung setia yang cukup besar, Liverpool punya 3,74 juta pengikut di Twitter.

8. AC Milan, 2,36 Juta Followers

Italia akhirnya menempatkan wakil mereka di 10 besar klub paliang banyak pengikut di Twitter. Meski performa tim berjuluk I Rosonerri cukup buruk dalam beberapa tahun terakhir, tapi Milan mampu menyegel posisi kedelapan. Ini membuktikan Milan mempunyai basis pendukung setia.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Milan yang pernah menguasai Eropa, terlihat seperti tim papan bawah dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan tim yang bermarkas di San Siro itu tidak mampu memenuhi syarat untuk tampil di Liga Europa. Dengan enam gelar Liga Champions, Milan jadi tim Italia paling populer di seluruh dunia dengan memiliki 2,36 juta pengikut di Twitter.

9. Manchester City, 2,23 Juta Followers

Dominasi Manchester City dalam beberapa tahun terakhir di Liga Primer Inggris, membuat nama mereka semakin dikenal dunia. Sokongan dana besar dari penguasa Qatar, Syeikh Mansour bin Zayed Al Nahyan membuat City menjadi primadona baru di ajang Liga Primer.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


City berhasil mendatangkan para bintang sehingga berhasil menjuarai level teratas Liga Inggris setelah menanti selama 44 tahun, ini tidak terlepas dari investasi yang dilakukan pengusaha asal Qatar tersebut. Dibawah era pelatih Manuel Pellegrini, City kembali meraih gelar Liga Primer dan tampil kompetitif di Eropa. Prestasi tersebut mengangkat pamor City hingga punya 2,23 juta pengikut di Twitter.

10. Bayern Muenchen, 1,78 Juta Followers

Raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen menutup peringkat 10 besar sebagai tim paling banyak pengikut di Twitter. Kesuksesan besar yang diraih The Bavarians -julukan Bayern-, sepertinya tidak berpengaruh banyak terhadap kepopuleran mereka. Bayern mendominasi Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir, bahkan mereka sempat meraih treble.

Ini Kumpulan Klub Paling Populer di Twitter


Bayern terus berusaha memperbesar nama mereka di seluruh dunia dan menarik lebih banyak pengikut di media sosial. Sejauh ini skuat besutan Josep Guardiola sudah punya 1.78 juta pengikut di Twitters.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9259 seconds (0.1#10.140)