Legenda Tenis Kecam Tindakan Seksis Bouchard

Jum'at, 23 Januari 2015 - 10:56 WIB
Legenda Tenis Kecam Tindakan Seksis Bouchard
Legenda Tenis Kecam Tindakan Seksis Bouchard
A A A
MELBOURNE - Legenda tenis Billie Jean King merasa ada diskriminasi terhadap petenis wanita saat tampil di Australia Terbuka 2015. Terutama saat seorang pewawancara di lapangan pertandingan meminta Eugenie Bouchard dan Serena Williams untuk mempertontonkan keseksian sekaligus pamer pakaian di depan ribuan penonton.

Setiap tahun Grand Slam Australia Terbuka selalu identik dengan petenis top dunia. Tak jarang dari mereka mempersiapkan diri dengan matang hanya untuk tampil di turnamen bergengsi awal tahun. Tapi ada sedikit berbeda dari sebelumnya ketika seorang pewawancara di lapangan tenis meminta Bouchard dan Serena berputar untuk memamerkan pakaian sekaligus keseksian mereka.

Hal itu mendorong respon negatif di media sosial dan tuduhan seksisme langsung ditujukan kepada komentator Ian Cohen. Salah satunya adalah mantan juara 12 kali grand slam. King menyebut Cohen tidak seharusnya mengutarakan pertanyaan dan meminta kepada petenis untuk mempertontonkan pakaian yang dikenakannya. Karena ini sudah diluar dari kebiasaan dan tidak ada sangkut pautnya dengan prestasi mereka.

"Pewawancara Australia Terbuka (Ian Cohen) meminta para perempuan untuk "berputar" di lapangan adalah hal yang kurang wajar. Ini benar-benar seksis. Jika Anda bertanya wanita, Anda harus meminta orang-orang untuk berputar juga," kicau juara Australia Terbuka 1968 seperti dikutip DailyMail, Jumat (23/1/2015).

Wanita kelahiran California, Amerika Serikat, 22 November 1943 itu menambahkan seharusnya masyarakat dunia disuguhkan dengan pernyataan tentang kompetisi dan prestasi mereka dan bukan penampilan mereka. "Mari kita fokus pada kompetisi dan prestasi dari kedua jenis kelamin (petenis pria dan wanira) dan bukan penampilan kita," tambahnya.

Peristiwa itu terjadi saat Bouchard itu memenangkan pertandingan melawan Kiki Bertens dengan dua set langsung 6-0, 6-3. Kendati sempat malu-malu, namun petenis cantik itu tetap mempertontonkan kebolehannya berputar.

Legenda Tenis Kecam Tindakan Seksis Bouchard


"Itu hal diluar dugaan saya. Maksudku, saya tidak tahu sebelumnya. Seorang pria tua meminta Anda untuk berputar, itu lucu," kata Bouchard, setelah menang atas Caroline Garcia dengan 7-5, 6-0 di babak ketiga.

Lain halnya dengan Bouchard, Serena justru menanggapi masalah ini dengan dingin. Unggulan teratas di turnamen ini tidak ingin berspekulasi tentang cara Cohen mewawancarai petenis wanita di lapangan seksis atau tidak.

"Seorang komentator meminta saya untuk berputar. Saya tidak akan meminta Rafa (Nadal) atau Roger (Federer) untuk berputar. Apakah itu seksis atau tidak, saya tidak tahu. Saya tidak bisa menjawab itu. Saya tidak benar-benar ingin berputar karena saya suka," sahut Serena.

(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7464 seconds (0.1#10.140)