Lima Fakta Odegaard: Kalahkan Messi Hingga Jet Pribadi

Jum'at, 23 Januari 2015 - 14:20 WIB
Lima Fakta Odegaard: Kalahkan Messi Hingga Jet Pribadi
Lima Fakta Odegaard: Kalahkan Messi Hingga Jet Pribadi
A A A
MADRID - Martin Odegaard resmi bergabung dengan Real Madrid di pekan ini. Untuk meminang pemain berusia 16 tahun tersebut, Madrid harus membayar tiga juta Euro atau Rp42 miliar.

Odegaard digadang-gadang sebagai bintang masa depan Eropa dan juga negaranya, Norwegia. Hal ini tak lepas dari kemahirannya mengolah si kulit bundar yang diturunkan dari sang ayah, Hans Erik yang juga mantan pemain sepak bola.

Sebelum direkrut Madrid, Odegaard sudah mengikuti undangan berlatih bersama di beberapa klub raksasa Eropa seperti Bayern Muenchen, Liverpool dan Arsenal. Ini seolah semakin menegaskan kemampuan mumpuni yang dimiliki pemain asal Norwegia tersebut.

Meski tengah mendunia, tidak ada salahnya mencoba mengulik kehidupan pemain bertinggi 1,76 meter tersebut.

Berikut fakta-fakta mengenai Martin Odegaard

1. Bakat dari sang Ayah

Martin Odegaard lahir pada 17 Desember 1998. Bakat sepak bola Odegaard diasah di klub Stromgodset. Di klub itu, ia ditempa oleh sang ayah, Hans Erik yang juga mantan gelandang Stromgodset di era 1993 hingga 2003.

Hans Erik pula lah yang membawa Odegaard untuk berkeliling Eropa memenuhi undangan beberapa klub papan atas Benua Biru yang mengundangnya untuk berlatih.

2. Pemain debutan termuda di tim senior Stromgodset

Laga Stromgodset vs Aalesund di Liga Norwegia menjadi batu tapal karir Odegaard di level senior. Saat itu, April 2014, Odegaard membuat debutnya di level senior dengan masuk sebagai pemain pengganti di 20 menit akhir laga.

Meski hanya bermain 20 menit, Odegaard yang saat itu berusia 15 tahun 118 hari sukses membuat satu asssits bagi kemenangan 2-0 Stromgodset. Berkat itu lah, rekan-rekan Odegaard menyanyjungnya sebagai pemain yang bertalenta.

3. Pemain termuda yang pernah main di Kualifikasi Piala Eropa

Karir Odegaard semakin menanjak ketika ia sukses mencatatkan diri ke dalam buku sejarah sepak bola Eropa sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Kualifikasi Piala Eropa.

Rekor itu ia cetak saat tim nasional Norwegia menang 2-1 atas Bulgaria di kualifikasi Piala Eropa 2016, Oktober tahun lalu. Ketika itu, Odegaard masih berusia 15 tahun 300 hari.

Odegaard memecahkan rekor pemain Islandia, Siggi Jonsson yang berusia 16 tahun 251 hari saat membuat debutnya di kualifikasi Piala Eropa tahun 1983.

4. Kalahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Tampilnya Odegaard di level senior saat usianya 15 tahun 117 hari membuat ia mengalahkan dua mega bintang sepak bola dari Real Madrid dan Barcelona: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ronaldo membuat debutnya di tim senior Sporting Lisbon saat usianya 16 tahun. Ronaldo bermain di tim senior saat Sporting melawan Moriense di Liga Portugal musim 2002.

Sementara itu, Lionel Messi memulai debutnya di tim senior Barcelona saat usianya 17 tahun dengan bermain di pertandingan melawan Espanyol, Oktober 2004.

5. Jet pribadi demi Odegaard

Tak banyak pemain muda yang begitu menarik bagi Madrid. Dan Odegaard adalah satu dari hanya sedikit pemain muda tersebut.

Bagaimana tidak, dikutip dari ESPN, demi mendatangkan Odegaard,Madrid sampai menerbangkan jet pribadi untuk menjemput Odegaard dari Rygge, Norwegia ke Madrid, Spanyol, yang langsung melakukan presentasi sebagai pemain baru El Real.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6269 seconds (0.1#10.140)
pixels