Van Gaal: Saya Tak Suka 4-4-2

Jum'at, 23 Januari 2015 - 14:48 WIB
Van Gaal: Saya Tak Suka 4-4-2
Van Gaal: Saya Tak Suka 4-4-2
A A A
MANCHESTER - Pelatih Manchester United, Louis van Gaal akhirnya buka suara soal pilihan formasi 3-5-2 yang ia kerap gunakan. Menurut Van Gaal hal ini tak terlepas dari ketidaksukaannya terhadap formasi 4-4-2.

"Kami lebih banyak menang dengan menggunakan 4-4-2 diamond. Tetapi jika Anda menganalisa pertandingan, kami yang berada di bench tegang. Saya tegang karena kami bermain tidak seimbang. Semua pertandingan kami yang memakai 4-4-2 selalu menegangkan dan saya tidak suka itu," kata Van Gaal d Sports Mole.

Strategi 3-5-2 sendiri kembali populer saat Van Gaal menerapkannya di Piala Dunia 2014 ketika melatih timnas Belanda. Saat itu, dengan strategi tersebut ia sukses membawa De Oranje jadi juara tiga Piala Dunia.

Van Gaal kemudian kembali memakai formasi itu ketika berpindah ke Manchester United. Hal ini sempat berimbas pada menurunnya performa Setan Merah di awal musim Liga Primer.

Kendati demikian, performa Wayne Rooney dan kawan-kawan perlahan menanjak berkat formasi tersebut. Terbukti, saat ini, United bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara.

Namun hal tersebut rupanya belum cukup bagi Van Gaal.

"Para pemain belum nyaman dengan 3-5-2. Ini penting bahwa mereka harus nyaman. Saya ingin mereka merasa demikian. Tetapi, kami harus melakukan persiapan di sepanjang musim. Jadi kami melakukan banyak hal selama pertandingan," tutupnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0621 seconds (0.1#10.140)