Australia Keluar dari AFC?

Jum'at, 30 Januari 2015 - 11:13 WIB
Australia Keluar dari AFC?
Australia Keluar dari AFC?
A A A
SYDNEY - Negara-negara Asia khususnya di bagian teluk dikabarkan sedang mewacanakan untuk mengeluarkan Australia dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Hal ini diungkapkan Presiden AFC, Sheikh Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa.

"Ada indikasi yang membuktikan keinginan (mengeluarkan Australia) memang ada di antara negara-negara di Asia Barat. Tetapi saya tahu, bukan hanya Arab yang tak yakin soal kelayakan Australia sebagai anggota AFC," kata Sheikh Salman di Sydney Morning Herald.

Negara-negara Teluk itu beranggapan, Australia telah mengambil keuntungan yang banyak dari AFC. Sebagai contoh dominasi The Socceroos dalam Piala Asia juga kualifikasi Piala Dunia. Ini dianggap berbanding terbalik dari kontribusi Australia terhadap AFC.

Australia bergabung dengan AFC pada 2006. Semula, Australia berada dalam Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC) bersama dengan New Zealand dan negara-negara di Kepulauan Pasifik. Negeri Kangguru itu bergabung lantaran kurang kompetitifnya persaingan di OFC di mana Australia sering memanen kemenangan dalam tiap pertandingannya.

Sheikh Salman sendiri menambahkan, AFC menampung suara-suara dari Negara Teluk tersebut. Namun ia menegaskan, AFC tak akan memutuskan apapun hanya berdasarkan opini para anggotanya.

"Ada beberapa federasi Asia yang melihat kebutuhan , Australia untuk keluar dari AFC. Tetapi kami tidak bisa memutuskan hanya berdasarkan opini," kata Sheikh Salman.

"Segala keputusan soal keanggotaan Australia akan diputuskan dalam pertemuan umum," tutupnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7695 seconds (0.1#10.140)