Bermasalah di Aerodinamis, Lorenzo Rombak Ukuran Helm

Selasa, 03 Februari 2015 - 15:42 WIB
Bermasalah di Aerodinamis, Lorenzo Rombak Ukuran Helm
Bermasalah di Aerodinamis, Lorenzo Rombak Ukuran Helm
A A A
SEPANG - Jelang musim 2015 bergulir, pembalap MotoGP mulai sibuk menyiapkan diri dan membenahi pelbagai masalah. Tak hanya mesin tunggangan, masalah penutup kepala atau helm juga jadi bahan perbaikan. Jorge Lorenzo sampai merombak ukuran helmnya demi mendapat kenyamanan dan kinerja maksimal saat balapan.

Lorenzo mulai diketahui bermasalah di bagian aerodinamis dari helm pada tahun lalu. Selama paruh kedua musim ini, pabrikan helm Korea Selatan HJC yang jadi sponsor Lorenzo selalu bereksperimen di bagian deflektor dengan mengubah tinggi yang selalu beda.

Deflektor atau bagian belakang helm dirancang dan dimodifikasi untuk pembalap MotoGP agar bekerja seperti sayap pesawat. Sebab hal tersebut bisa memengaruhi kecepatan saat menggeber tunggangannya dan buat pembalap tetap nyaman menggoyangkan kepala saat berada di trek lurus.

Tak pelak helm Lorenzo tak luput dari bahan evaluasi mekanik Movistar Yamaha jelang tes di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia 4-7 Februari nanti. Kepala mekanik Yamaha Kouichi Tsuji mengatakan perubahan ukuran helm yang diubah jadi lebih kecil atau berkurang sebesar lima milimeter, sangatlah penting bagi pembalap Spanyol tersebut.

"Kami perlu mengecilkan ukuran helm Lorenzo sebesar lima milimeter. Kami mengetahuinya ketika melakukan tes aerodinamis, ternyata kita butuh ruang sebesar itu saat Jorge berada di lintasan lurus," beber Tsuji dilansir Speedweek, Selasa (3/2/2015).

Tsuji menambahkan, pemilihan helm sebagai bahan evaluasi tak lain karena tak mungkin mengurangi bobot motor. Hal tesebut karena terbentur regulasi ECU dari Dorna selaku operator kompetisi yang telah menetapkan aturan tersendiri.

"Tidak ada cara untuk mengurangi beban motor sebesar lima milimeter. Jorge sudah memakai helm di atas motor yang sesuai standar ECU. Jika kami menggunakan perangkat sendiri, mungkin kami bisa menyusutkan beban sebesar lim milimeter, tapi standar ECU dari Dorna sangat besar. Kami tidak bisa mengubah itu. Itu sebabnya helm HJC Gebten yang dipakai Jorge bakal dikurangi ukurannya," tutup Tsuji.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8634 seconds (0.1#10.140)