Menpora Bahas Logo KONI-KOI

Minggu, 08 Februari 2015 - 10:09 WIB
Menpora Bahas Logo KONI-KOI
Menpora Bahas Logo KONI-KOI
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan segera memanggil Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk membahas penggunaan logo lima ring yang saat ini dipermasalahkan IOC.

Demi tuntasnya permasalahan yang mencuat sejak 2013 sesuai dengan rencana, pemanggilan dua lembaga olahraga Indonesia akan dilakukan pekan depan. ”Kami sudah mendapatkan laporan masalah itu, maka tim hukum Kemenpora saya instruksikan untuk mengkaji. Setelah itu kami akan panggil KONI dan KOI,” kata Menpora Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora Jakarta, dikutip Antara.

Sebelumnya induk organisasi olahraga dunia dan Asia, yaitu IOC dan OCA mengirimkan surat menyangkut penggunaan lima ring pada logo KONI. Presiden IOC bahkan mengirimkan surat langsung ke Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2015. Untuk surat dari OCA dikirim ke Ketua KOI Rita Subowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga pada 1 Februari 2015. Kedua surat tersebut intinya meminta KONI menanggalkan lima ring yang saat ini terpampang di logo KONI.

Lima ring merupakan logo dari IOC. ”Kami harus mendudukkan masalah ini pada porsinya. Pada intinya kita harus melepaskan ego masing-masing. Karena itu, kami akan mempertemukan pihak KONI dan KOI,” ujarnya. Permasalahan penggunaan logo lima ring pada logo KONI saat ini kembali menjadi pantauan. Jika permasalahan ini tidak segera dituntaskan, akan berdampak pada turunnya sanksi baik dari IOC maupun OCA.

Jika induk organisasi olahraga dunia ataupun Asia menurunkan sanksinya, Indonesia terancam tidak bisa menggelar Asian Games 2018. Tidak hanya itu, Indonesia juga tidak akan bisa turun di SEA Games 2015 di Singapura, termasuk keikutsertaan atlet pada kejuaraan internasional lain.

”Yang juga kami khawatirkan adalah induk organisasi cabang olahraga internasional juga ikutikutan, seperti FIFA men-suspend PSSI, FINA men-suspend PRSI,” kata Ketua KOI Rita Subowo seusai bertemu Menpora Imam Nahrawi. Permasalahan penggunaan lima ring pada logo KONI sebenarnya telah terjadi sejak lama.

Namun, sewaktu Ketua KONI dan KOI dipegang Rita Subowo tidak digunakan. Setelah terjadi pergantian pengurus, logo lima ring kembali digunakan dan dinilai bermasalah oleh IOC dan OCA.

Decki irawan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5780 seconds (0.1#10.140)