10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi

Senin, 09 Februari 2015 - 22:28 WIB
10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi
10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi
A A A
BARCELONA - Performa apik dengan kemampuan mencetak gol luar biasa membuat beberapa pemain sepak bola dihargai dengan sangat mahal. Bahkan beberapa klub besar Eropa rela merogoh kocek sangat dalam untuk mendatangkan penggawa sepak bola dengan label pemain terbaik di dunia itu untuk memperkuat skuat mereka.

Sudah bukan rahasia umum bila mayoritas klub-klub sepak bola terkaya di dunia seperti Real Madrid, Chelsea, Paris Saint-German (PSG) sangat royal dalam mengeluarkan uang untuk membeli sebuah prestasi secara instan, dan gengsi adalah yang utama. Buntutnya beberapa pemain punya nilai jual sangat tinggi, namun Sindonews coba merangkumnya jadi 10 pemain dengan harga jual tertinggi di bursa transfer.

1. Lionel Messi - 172 Juta Pounds (Rp3,3 Triliun)

Tidak mengejutkan apabila Lionel Messi menyegel tempat sebagai pemain dengan nilai jual termahal di planet ini, setelah performa mengagumkan bersama Barcelona. Performa konsisten pemain berjuluk La Pulga membuatnya pantas diharga dengan nilai transfer tertinggi di antara pemain bintang lainnya.

Berdasarkan Pusat Internasional untuk Kajian Olahraga (CIES) yang berpusat di Neuchatel, Swiss, pemain La Blaugrana -julukan Barca- itu dinyatakan sebagai pemain sepak bola paling mahal saat ini. Messi bernilai sekira 172 juta pounds atau setara dengan Rp3,3 triliun. Apabila Barca memutuskan menjualnya, maka disinyalir hanya beberapa klub yang punya kekuatan finansial membawanya.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Mendatangkan empat kali peraih Ballon d'Or itu bukan perkara mudah. Pasal klub yang menginginkan tandang tangan Messi, tentu harus siap merogoh konceknya dalam-dalam. Dari beberapa klub hanya enam yang berpeluang mendatangkan Messi, yakni Manchester United, Chelsea, Manchester City, Bayern Muenchen, Paris Saint-German (PSG), hingga Real Madrid.

2. Cristiano Ronaldo - 104 Juta Pounds (Rp1,9 Triliun)

Kemampuan Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik saat ini, sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Ronaldo adalah mesin gol Real Madrid baik dalam kompetisi La Liga, maupun di Liga Champions sepanjang musim ini. Rentetan 28 gol yang disumbang Ronaldo, membawa Los Blancos -julukan Madrid- nyaman diposisi puncak klasemen sementara Liga Primer.

Sementara di Liga Champions, Madrid sukses melaju ke babak 16 besar musim ini. Kemampuan olah bola, drible hingga eksekusi tendangan bebas membuat pemain berjuluk CR7 itu menduduki urutan kedua sebagai pemain termahal dengan nilai jual mencapai 104 juta pounds atau setara dengan Rp1,9 Triliun.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Nilai pemain asal Portugal itu melesat jauh dibandingkan ketika Madrid mendatangkan dari klub raksasa Liga Primer, Manchester United yang saat itu dihargai 80 juta pounds. Apabila musim ini Ronaldo mampu membawa Madrid kembali mempertahankan Liga Champions, bukan tidak mungkin nilai jualnya bakal melampaui rival abadinya Messi.

3. Eden Hazard - 77 Juta Pounds (Rp1,3 Triliun)

Winger asal Belgia memang kerap dipuji sebagai salah satu gelandang paling berbakat dan menjanjikan dalam sepak bola Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Ia adalah Eden Hazard yang kini menjadi pilar penting dalam skuat Chelsea sepanjang musim ini. Lewat kecerdasan bermain, kecepatan luar biasa dan kemampuan membaca pertandingan, membuat kehadiran Hazard jadi menakutkan buat lawan-lawannya.

Musim ini Hazard terbukti jadi poros utama kenapa skuat asuhan Jose Mourinho sangat mendominasi Liga Primer. Sembilan gol yang dicetak musim ini menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak kedua dalam skuat klub asal London itu plus lima assist sepanjang musim ini.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Sementara untuk segi konsisten, Hazard menempati peringkat pertama dengan nilai 8,01 setiap pertandingan. Kini ia menjadi aset berharga Chelsea dengan nilai jual mencapai 77 juta pounds atau setara dengan Rp1,3 Triliun. Hazard menduduki posisi ketiga sebagai pemain termahal hanya kalah dari dua pemain terbaik dunia Messi dan Ronaldo.

4. Diego Costa - 66 Juta Pounds (Rp1,2 Triliun)

Chelsea kembali menyumbangkan salah satu pemainnya dalam daftar pemain dengan nilai jual tertinggi saat ini. Performa mengesankan penyerang kelahiran Brazil sewaktu membela Atletico Madrid membawanya hijrah ke London, untuk memperkuat salah satu klub kaya asal Liga Primer, Chelsea.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Pemain yang kini membela timnas Spanyol itu didatangkan Chelsea kala itu dengan mahar mencapai 32 juta pounds pada musim panas lalu. Kini harga Costa sudah dua kali lipat sewaktu mendarat di Stamford Bridge, seiring dengan performa mengesankan yang ia tunjukkan dalam skuat asuhan Jose Mourinho.

Raihan 17 gol sepanjang musim ini, membantu Chelsea tetap kokoh dipuncak klasemen sementara Liga Primer dengan total 56 poin dari 24 pertandingan musim ini. Kinerja apik Costa membuatnya kini bernilai sekira 66 juta pounds atau setara dengan Rp1,2 Triliun.

5. Paul Pogba - 56 Juta Pounds (Rp1 Triliun)

Kejutan trejadi diposisi kelima dalam urutan pemain termahal yang diisi oleh gelandang muda Juventus, Paul Pogba. Meski usianya masih terbilang muda yakni 21 tahun itu, tapi pemain berpaspor Prancis itu kerap disebut sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan tahun ini.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Performa impresifnya bersama skuat Si Nyonya Tua -julukan Juve-, membuat nama Pogba mencari pemberitaan hangat. Bahkan beberapa klub besar Eropa secara terang-terangan berminat mengamankan tanda tangan Pogba pada jendela transfer musim panas mendatang. Sementara Juve masih ragu apakah bakal mempertahankan pemain muda mereka atau membiarkannya pergi.

Pogba bergabung dengan Juventus dengan status bebas transfer dari Manchester United pada 2012 dan musim ini telah mencetak delapan gol bersama Juve. Nilai Pogba telah jauh meningkat usai didatangkan Juve pertama kali, kini ia bernilai dikisaran 56 juta pounds. Bahkan agen sang pemain menilai Pogba berpeluang memecahkan transfer Bale saat ditransfer dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid, jika memutuskan pindah.

6. Sergio Aguero - 51 Juta Pounds (Rp 989 Miliar)

Penyerang asal Argentina, Sergio Aguero menjadi salah satu juru gedor paling produktif di Liga Primer dalam dua musim terakhir. Kun Agueru mungkin menjadi salah satu penyerang paling mematikan di dunia saat ini, dengan rata-rata gol yang luar bisa dalam setiap pertandingan.

Musim ini saja, Aguero jadi pencetak gol terbanyak kedua di Liga Primer Inggris dengan total raihan 14 Gol. Bahkan akibat performa impresifnya, Aguero pernah diganjar sebagai pemain terbaik Liga Primer di November. Semenjak didatangkan City senilai 38 juta pounds pada 2011 lalu, nilai jual Aguero telah jauh meningkat jadi 51 juta pounds.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Aguero terbukti jadi tumpuan skuat asuhan Manuel Pellegrini musim ini, hal itu terlihat ketika sang pemain absen maka kemampuan juru gedor City jadi berkurang. Merosotnya performa City tanpa Aguero, membuat selisih juara bertahan Liga Primer dengan pimpinan sementara Chelsea menjauh jadi tujuh poin musim ini.

7. Raheem Sterling - 49 Juta Pounds (Rp 940 Miliar)

Raheem Sterling telah mencuri perhatian dunia sepak bola dalam satu tahun terakhir, lewat penampilan apiknya bersama Liverpool. Di bawah asuhan Brendan Rodgers, winger berusia 20 tahun itu telah menjelma jadi salah satu pemain terbaik dunia. Mengandalkan kecepatan dan kemampuannya mengolah bola, bakat Sterling telah menarik minat beberapa klub besar.

Bahkan kapten Liverpool, Steven Gerrard menyebutkan Sterling adalah masa depan The Reds -julukan Liverpool- berikutnya. Sepanjang musim ini saja, Sterling jadi pemain paling subur buat Liverpool dengan raihan 5 golnya. Tidak hanya hebat merobek jala lawan, Sterling juga sudah menyumbang lima assist.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Meski menjadi andalan utama Liverpool menyusul krisis striker yang dialami tim di awal-awal musim, remaja kelahiran Kingston, Jamaika, tersebut tidak besar kepala. Membawa modal musim yang fenomenal bersama The Reds, harga jual Sterling diprediksi berada dikisaran 49 juta pounds

8. Cesc Fabregas - 48,5 Juta Pounds (Rp 935 Miliar)

Gagal bersinar bersama Barcelona usai memutuskan meninggalkan Arsenal, tidak lantas membuat gelandang asal Spanyol, Cesc Fabregas menyerah. Fabregas kembali ke Liga Primer untuk menerima pinangan dari Chelsea dan terbukti keputusan pemain 27 tahun itu berbuah hasil impresif.

Bersama The Blues -julukan Chelsea-, ia menjelma menjadi sosok kunci mengatur permainan skuat asuhan Jose Mourinho musim ini. Dari 24 pertandingan sepanjang musim ini, Fabregas sudah menyumbang 15 asisst musim ini. Performa luar biasa Febregas membuat nilainya melonjak dikisaran 48,5 juta pounds.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Performa Fabregas bahkan sempat membuat Mourinho kagum. Fabregas memang tampil luar biasa sejak bergabung dengan Chelsea pada musim panas lalu, dan Mourinho memuji performa dan sikap gelandangnya itu. "Ia bermain begitu baik bagi kami dan apa yang sangat saya sukai, lebih dari kualitasnya, yaitu kepribadiannya. Ia seorang profesional," ujar Mourinho.

9. Alexis Sanchez - 47,7 Juta Pounds (Rp893 Miliar)

Sejak bergabung bersama dengan Arsenal pada musim panas lalu, Alexis Sanchez telah menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di Emirates Stadium -kandang Arsenal-. Penyerang asal Chile itu sempat mengalami kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain besutan Arsene Wenger.

Namun perlahan tapi pasti, Sanchez mulai jadi mesin gol skuat berjuluk Meriam London itu. 12 gol diraih Sanchez untuk jadi penyerang paling berbahaya dalam kubu Arsenal, tidak hanya piawai mencetak gol mantan pemain Barcelona itu juga menyumbang 7 asisst sepanjang musim.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Didatangkan The Gunners dengan mahar 35 juta pounds, kini nilai melonjak menjadi 47,7 Juta Pounds, berdasarkan CIES yang mengukur nilai pemain dari besaran transfer mereka sebelumnya dan data statistik di lapangan seperti jumlah pertandingan, gol, dan durasi penguasaan bola.

10. Gareth Bale - 47 Juta Pounds (Rp870 Miliar)

Pemain asal Wales, Gareth Bale melengkapi daftar sepuluh pemain termahal di dunia dengan nilai transfer 47 juta pounds. Didatangkan Real Madrid dari Tottenham Hotspur dengan memecah rekor transfer sebagai pemain termahal di dunia, nilai Bale diprediksi bakal merosot apabila Madrid menjualnya musim panas mendatang.

10 Pemain dengan Harga Jual Tertinggi


Pada 2013 lalu, Madrid ditengarai mengeluarkan dana sebesar 100 juta euro. Meski mengalami penurunan harga jual yang drastis, Gareth Bale merupakan pembelian yang sukses di Madrid. Dua gol dalam dua final musim lalu seakan menjadi justifikasi mengapa Bale pantas dijadikan pemain termahal dunia. Namun kini performa tidak terlalu bagus dicatatkan Bale bersama Madrid musim ini, tapi apapun bisa terjadi dalam sepak bola.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6462 seconds (0.1#10.140)