Catatan Menarik Duel Aguero vs Messi

Rabu, 25 Februari 2015 - 00:20 WIB
Catatan Menarik Duel...
Catatan Menarik Duel Aguero vs Messi
A A A
MANCHESTER - Leg pertama babak 16 besar Liga Champions langsung mempertemukan Manchester City versus Barcelona, Rabu (25/2/2015) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Sergio Aguero dan Lionel Messi bakal saling membuktikan siapa striker paling efektif.

Dua pemain Argentina yang saling bersahabat itu bakal dipaksa saling jegal di Etihad Stadium, markas City. Aguero dan Messi dituntut memberikan kontribusi guna mengamankan tiket ke laga berikutnya.

Melihat penampilan keduanya di kancah liga, tak terlihat adanya perbedaan yang cukup signifikan. Banyak yang mengunggulkan Messi sebagai pemain yang akan bersinar di laga leg pertama nanti. Namun benarkah demikian?

Melansir Shoot.co.uk, Selasa (24/2/2015) berdasarkan mesin statistik Opta, Aguero dan Messi tercatat sebagai striker yang efektif. Bagaimana tidak, Aguero rupanya punya kemampuan yang cukup baik untuk menyaingi Messi, yang banyak disebut sebagai penyerang paling berbahaya saat ini.

Dalam pertandingan 90 menit di Liga Premier, Aguero tercatat sudah bermain sebanyak 21 kali dan mencetak 17 gol. Sedangkan Messi bermain 24 kali dan mampu melesakkan 24 gol.

Dari segi gol, Aguero memang masih kalah dengan Messi dengan persentase 1,04 gol di setiap laga. Striker Barcelona yang punya gol lebih banyak mempunyai rasio gol 1,11.

Tetapi dalam urusan tembakan ke gawang, striker The Citizen masih unggul atas Messi. Aguero mencatat 5,5 tembakan per pertandingan. Pemain berusia 26 tahun itu mengalahkan Messi yang cuma melesakkan 4,85 tembakan ke gawang lawannya. Meski demikian, akurasi Messi mash unggul dengan rasio 62% tepat ke gawang, Aguero cuma 58%.

Dari segi kreatifitas, Messi juga unggul dengan menciptakan 2.64 peluang untuk rekan setimnya dan punya assist sebanyak 0,55. Aguero hanya mampu menciptakan peluang dengan rasio 1,28 dan memberi umpan sebanyak 0,31 setiap laga.

Aguero membalasnya di segi penguasaan bola yang lebih baik dari Messi. Menantu Diego Maradona lebih baik dengan persentase 85%, Messi cuma memiliki 82%. Selain itu, dribble Aguero juga lebih baik dengan persentase sebanyak 56,7%, mengalahkan rekannya di Timnas Argentina itu yang cuma memiliki 52,2%.

Melihat Aguero yang mampu unggul tiga kriteria dari tujuh statistik, sulit menentukan siapa yang bakal berjaya di leg pertama nanti. Dengan segala kesulitan akibat cedera yang sempat melilitnya, Aguero mampu tampil efektif mengatasi defisit gol yang masih kalah dari pemain berjuluk La Pulga.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)