Mengapa Penalti Messi Mudah Ditebak?

Rabu, 25 Februari 2015 - 20:50 WIB
Mengapa Penalti Messi Mudah Ditebak?
Mengapa Penalti Messi Mudah Ditebak?
A A A
MANCHESTER - Kemenangan Barcelona 2-1 atas Manchester City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions tercoreng oleh kegagalan Lionel Messi mengoversi penalti menjadi gol. Itu kegagalan ke-13 Messi menjebol gawang lawan dari titik 12 pas sepanjang mengenakan kostum Barcelona, atau ketiga di ajang Liga Champions.

Kemenangan Barcelona dalam laga di Etihad Stadium, Selasa (24/2/2015), dipastikan lewat dua gol Luis Suarez menit ke-16 dan 30. Sedangkan gol balasan Man City dicetak Sergio Aguero menit ke-69. Mestinya Barcelona bisa menambah gol setelah mendapat hadiah penalti menit ke-90+4, saat Lionel Messi dilanggar Pablo Zabaleta.

Namun, Messi yang menjadi algojo gagal mengubah itu menjadi gol. Bola mengarah ke kiri gawang Joe Hart, dan dengan lugas kiper kelahiran Shrewsbury, 19 April 1987, itu terbang mengikuti arah bola, lalu menghalaunya. Bola rebound kembali ke Messi, namun sundulan bintang Argentina itu melebar ke tiang kanan gawang Man City.

Mengapa tembakan Messi mudah terbaca kiper Joe Hart? Menurut catatan statistik Optajoe, Messi kerap melepaskan tembakan ke kiri gawang kiper lawan. Dari delapan tendangan penalti yang gagal berbuah gol saat dieksekusi Messi di semua kompetisi, kiper selalu bergerak ke kiri. Barangkali arah bola ke kiri itu terkait Messi yang kidal.

Mengapa Penalti Messi Mudah Ditebak?


Sejak berkostum Barcelona, Messi sudah mengeksekusi penalti sebanyak 57 kali, dan sukses 44 kali. Dari 13 kali gagal berbuah gol, sembilan kali dimentahkan kiper lawan, sedangkan dua penalti melebar, dan dua kali membentur tiang. Kegagalan di kandang Man City merupakan yang ketiga dari enam kesempatan di musim 2014/2015.

Namun, lepas dari itu, Joe Hart gembira bisa menepis penalti Messi. Hart berharap penyelamatan yang dilakukannya berefek positif saat melakoni laga kedua di Camp Nou, 18 Maret mendatang. "Saya harap begitu," katanya dilansir dailymail. "Kami akan datang ke Camp Nou dengan keyakinan dan didukung oleh fans yang besar. Seperti yang pelatih katakan, ini baru setengah dari permainan dan kami ke Camp Nou dengan keyakinan menampilkan permainan terbaik."

"Pada pertemuan pertama ini, kami ditekan hingga terjadi gol pertama dan kami sedikit panik. Tapi, kami kembali solid di babak kedua, dan banyak memberi tekanan pada Barcelona dan mencetak gol yang mungkin baik untuk hasil malam ini."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)