Pebasket Kulit Hitam Pertama NBA Tutup Usia

Jum'at, 27 Februari 2015 - 14:01 WIB
Pebasket Kulit Hitam Pertama NBA Tutup Usia
Pebasket Kulit Hitam Pertama NBA Tutup Usia
A A A
VIRGINIA - Hari ini, Liga Basket Nasional Amerika (NBA) berkabung. Pebasket kulit hitam pertama dalam sejarah NBA, Earl Lloyd, meninggal dunia di usia 86 tahun.

Surat kabar setempat melaporkan, almamater Lloyd di Universitas West Virginia State mengonfirmasi kabar tersebut, namun tidak merinci penyebab kematian sang legenda basket Amerika itu. “Keluarga dan Negara berduka atas meninggalnya saudara se-almamater kita, sekaligus perintis baik di dalam maupun di luar lapangan basket,” kata Presiden Universitas West Virginia, Brian Hemphill dikutip Reuters, Jumat (27/2/2015).

Lloyd memulai debut NBA-nya bersama Washington Capitals pada tahun 1950, dia merupakan orang kulit hitam pertama yang tampil sebagai pemain profesional NBA di tengah berkembangya rasisme di Amerika.

Semasa hidupnya, Lloyd membawa Syracuse Nationals memenangkan gelar juara NBA pada 1955. Dia bersama dengan rekan setimnya, Jim Tucker, sebagai dua pemain kulit hitam pertama yang bermain di tim juara.

Setelah pensiun sebagai pemain, Lloyd menjadi pelatih Detroid Pistons pada 1971-1972, dia juga pernah didapuk sebagai Hall of Fame NBA pada 2003 atas kontribusi panjangnya di dunia basket. Lloyd, yang berasal dari Alexandria, Virginia, menghabiskan sisa hidupnya di Crossville, Tennessee.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6624 seconds (0.1#10.140)