'Kutukan' Sassuolo Kepada Allegri

Senin, 09 Maret 2015 - 14:59 WIB
Kutukan Sassuolo Kepada Allegri
'Kutukan' Sassuolo Kepada Allegri
A A A
TURIN - Sassuolo seperti memiliki 'kutukan' bagi pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Ya, dari tiga laga yang telah dilakoni Allegri melawan Sassuolo, dia sama sekali tidak pernah meraih kemenangan.

Allegri sebetulnya punya memori manis bersama Sassuolo. Pada 2007 manajemen Sassuolo menunjuknya sebagai pelatih. Di bawah komando Allegri, Sassuolo berhasil menjadi juara Serie C1 sekaligus promosi ke Serie B untuk yang pertama sepanjang sejarah klub.

Berkat keberhasilan itu pula, Allegri 'naik kelas' sebagai pelatih dengan menangani tim Serie A, Cagliari. Keberhasilan Allegri membawa Cagliari finis di posisi sembilan membuat dia diganjar penghargaan Panchina d'Oro -pelatih terbaik Serie A- berdasarkan voting para pelatih.

Dari Cagliari, nama Allegri semakin menanjak dengan ditunjuk sebagai pelatih AC Milan pada 2010. Bersama Rossoneri, Allegri sukses mempersembahkan satu gelar juara Liga Italia dan Piala Super Coppa di musim 2010-11.

Pada 23 Juli 2013 'kutukan' Sassuolo kepada Allegri dimulai. Kala itu Milan dikalahkan 2-1 dalam turnamen pra musim Tim Cup. Allegri gagal menang atas mantan timnya tersebut.

Allegri kembali gagal meraih kemenangan atas Sassuolo pada pertemuan kedua, (12/1/2014). Kali ini efek dari kegagalan itu jauh lebih fatal, pemecatan. Milan yang penampilannya sedang menurun di luar dugaan dikalahkan 3-4 oleh I Neroverdi -julukan Sassuolo.

Atas kekalahan itu, Milan memutuskan memecat Allegri dan menggantikannya dengan Mauro Tassotti. Milan pun akhirnya tersingkir dari zona Liga Champions setelah finis di posisi delapan akhir musim.

Satu tahun berselang, Allegri telah berganti status. Kini, dia adalah pelatih Juventus. Namun demikian, 'kutukan' tidak pernah menang Allegri atas Sassuolo belum berhenti.

Di pertemuan pertama (19/10/2014), Allegri gagal memenangkan duel atas Sassuolo setelah bermain imbang 1-1. Juventus bahkan harus kebobolan lebih dulu lewat gol Simone Zaza sebelum disamakan oleh Paul Pogba.

"Musim lalu, Sassuolo adalah alasan kenapa saya dipecat Milan," kenang Allegri.

Selasa (10/3) dini hari nanti WIB, Allegri akan melakoni laga keempatnya melawan Sassuolo. Mampukah Allegri mengakhiri kutukan tidak pernah menangnya atas mantan timnya tersebut?
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6734 seconds (0.1#10.140)