Transisi Michelin Tak Pengaruhi Peta Kekuatan MotoGP

Jum'at, 13 Maret 2015 - 02:17 WIB
Transisi Michelin Tak...
Transisi Michelin Tak Pengaruhi Peta Kekuatan MotoGP
A A A
PARIS - Manajer Tim Movistar Yamaha, Wilco Zeelenberg meyakini transisi penyuplai ban tunggal dari Bridgestone ke Michelin pada musim depan tidak banyak berdampak pada peta kekuatan para rider. Musim depan, kata dia, lintasan balap masih akan didominasi Marc Marquez (Honda), Valentino Rossi (Yamaha), Jorge Lorenzo (Yamaha) dan Dani Pedrosa (Honda).

Tanpa mengindahkan gebrakan yang dibuat Ducati pada tes pramusim tahun ini di Barcelona, Zeelenberg mengatakan adaptasi peralihan dari Bridgestone ke Michelin tidak mengubah banyak hal. (Baca juga : Ducati Disokong Dana Tak Terbatas)

"Sudah jelas, yang bakal ada di depan tetap pebalap itu-itu saja. Michelin tak akan 'mengacak-acak' peta kekuatan MotoGP. Sebuah konstruktor bisa saja mendapat keuntungan lebih daripada lainnya. Meski begitu, segalanya masih sulit diprediksi," katanya dikutip Autosport, Kamis (12/3/2015).

Zeelenberg yang juga menjabat sebagai analis performa pembalap di Tim Yamaha yakin bahwa Michelin akan membuat MotoGP lebih variatif dengan adanya proses adaptasi. Namun sekali lagi dia menegaskan empat besar akan tetap diisi oleh pembalap yang sama seperti biasa.

"Soal pembalap, sama saja seperti konstruktor. Mungkin beberapa akan diuntungkan, sementara yang lain tidak, karena mereka punya gaya balap berbeda. Perubahan ini memang akan sedikit mengubah hasil, tapi yang bakal di depan adalah pebalap yang sama," tutup Zeelenberg.

Sebelumnya diberitakan, empat pembalap motogp Aleix Espargaro (Suzuki), Jack Miller (Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha) and Andrea Dovizioso (Ducati) terjatuh saat menjajal ban Michelin untuk pertama kalinya. Mereka terjatuh di sirkuit Sepang, Malaysia pada 26 Februari lalu. (Baca juga : Ngeri, Calon Ban MotoGP 2016 Langsung Makan Empat Korban)
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7717 seconds (0.1#10.140)