Inilah Motor Para Jagoan MotoGP

Rabu, 18 Maret 2015 - 17:09 WIB
Inilah Motor Para Jagoan MotoGP
Inilah Motor Para Jagoan MotoGP
A A A
JAKARTA - MotoGP 2015 sebentar lagi bakal dimulai. Semua pembalap sudah menyiapkan diri demi meraih gelar juara yang musim lalu direbut Marc Marquez.

Tak hanya para pembalap, semua tim beserta konstruktor juga berjuang keras demi memperbaiki penampilan di musim ini. Mereka berlomba-lomba dalam menciptakan motor terbaik. Bahkan persaingan kian bertambah ramai saat Suzuki memutuskan kembali ke ajang MotoGP.

Untuk berada di urutan terdepan bukan tugas mudah bagi Suzuki. Sebab mereka harus bersaing dengan Yamaha dan Honda yang dalam beberapa musim terakhir sukses mendominasi jalannya balapan.

Selain tiga tim tadi, Ducati juga layak disebut unggulan. Mereka sudah memperlihatkan kualitasnya saat tes pramusim di Sirkuit Losail Qatar, 14-15 Maret 2015 lalu.

Berikut Sindonews berikan ulasan singkat mengenai tunggangan para jagoan MotoGP di musim 2015;

1. Honda RC213V
Inilah Motor Para Jagoan MotoGP


Dua pembalap dari tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa bakal ngebut dengan RC213V. Motor keluaran terbaru ini disediakan khusus agar dua pembalap tersebut mampu mengulang prestasi di musim 2015.

Motor RC213V memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya soal keseimbangan saat melintasi tikungan tajam. "Kekuatan kami adalah stabilitas saat pengereman. Selain itu motor kami juga sangat baik dalam tikungan stop & go," ujar Shuhei Nakamoto selaku Vice President Honda Racing Corporation (HRC).

"Ketika grip mulai menurun, motor kami lebih mudah untuk menjaga catatan waktu. Yamaha mungkin bisa lebih unggul di tikungan, tapi mereka akan banyak kehilangan waktu di daerah ini. Sebab Yamaha menekan tepi ban terlalu banyak," jelas Nakamoto lagi.

Namun pihak Honda tidak melakukan perubahan besar di bagian body motor. Tampilan RC213V tidak jauh berbeda dengan motor musim lalu.

2. Suzuki GSX-RR
Inilah Motor Para Jagoan MotoGP


Suzuki memutuskan comeback di ajang MotoGP tahun ini. Produk terbaru mereka, Suzuki GSX-RR bakal dikendarai oleh pembalap terpilih, Maverick Viñales dan Aleix Espargaró.

Agar bisa bersaing, Suzuki melakukan perubahan besar-besaran. "Kami melakukan berbagai pengembangan agar bisa terus bersaing. Sebelumnya kita pakai ECU dari Mitsubishi, sekarang pakai ECU dari Magneti Marelli. Ini tentu membutuhkan banyak penyesuaian," ungkap Manajer tim, Davide Brivio beberapa waktu lalu.

"Soal ban, kini stok kami disediakan oleh Bridgestone. Ini ban generasi terbaru. Kami harus menatap ke depan. Bisa bersaing dengan Honda, Yamaha dan Ducati menjadi terget kami di 2015 ini," tambahnya.

3. Ducati Desmosedici GP15
Inilah Motor Para Jagoan MotoGP


Ducati membuktikan kualitasnya dalam tes pramusim di Sirkuit Losail Qatar 14-15 Maret 2015 lalu. Dua pembalap mereka, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso sukses mengukir waktu tercepat secara bergantian.

Kegemilangan keduanya tak lepas dari perubahan di motor Desmosedici GP15. Selain mesin, perubahan tersebut juga mencakup ban, sasis bahkan sayap motor. Tak heran jika Ducati Desmosedici GP15 lebih ringan saat dibawa ngebut.

Soal penampilan, Desmosedici GP15 memiliki inovasi dibanding terdahulunya. Kali ini ada warna putih yang cukup dominan dalam body motor. Dengan dipadukan warna merah, motor Desmosedici GP15 menjadi lebih keren saat beraksi di lintasan balap.

4. Yamaha YZR-M1
Inilah Motor Para Jagoan MotoGP


Soal fisik motor, Yamaha nyaris tak ada perubahan. Biru sebagai warna kebanggaan kembali terpampang pada motor YZR-M1 milik Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Logo Movistar (huruf M) yang ada di samping motor kini terlihat lebih besar. Untuk Rossi, pada bagian nomor ia memilih warna kuning. Sedangkan Lorenzo di bagian tersebut ia memilih warna merah.

"Kami memastikan kepada para pembalap bahwa semua orang di tim ini sangat berkomitmen dan fokus mendukung mereka. Kami harus meraih gelar juara. Saya sangat bersemangat dalam menyambut datangnya musim ini," ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3387 seconds (0.1#10.140)