Qatar Kuasai Sirkus MotoGP Negara Teluk

Sabtu, 28 Maret 2015 - 19:26 WIB
Qatar Kuasai Sirkus MotoGP Negara Teluk
Qatar Kuasai Sirkus MotoGP Negara Teluk
A A A
DOHA - Dorna Sport tampaknya terkesan dengan Qatar sebagai tuan rumah sirkus MotoGP. Pasalnya promotor balap motor kelas tertinggi itu siap menjadikan negara penghasil gas terbesar dunia tersebut sebagai penentu pagelaran MotoGP di daerah Timur Tengah, khususnya negara teluk.

Negara seluas 11,571 km persegi itu sudah jadi langganan MotoGP sejak 2004 silam. Qatar justru mengalahkan negara Bahrain yang sempat muncul lebih dulu sebagai proyeksi tuan rumah balapan Valentino Rossi dkk ketika itu.

Dilansir Crash.net, Sabtu (28/3/2015), Kepala Eksekutif Dorna Sport Carmelo Ezpeleta kini menjadikan posisi Qatar semakin penting dalam pagelaran balap motor di tiap negara teluk. Sebab setiap rencana ekspansi Dorna untuk menggelar balapan di negara yang termasuk kawasan Teluk Persia, seperti Oman, Bahrain, dan Kuwait, harus mendapat suara dukungan dari Qatar.

"Qatar adalah tuan rumah MotoGP dan WSBK (Superbike). Apa pun yang kami lakukan di Timur Tengah, akan sesuai dengan Qatar. Artinya, jika kami melakukan pendekatan ke negara lain di Timur Tengah, itu adalah sesuatu harus dibahas bersama Qatar," ungkap Ezpeleta.

Tak hanya itu, Ezpeleta juga meyakinkan Qatar takkan tersingkir dari kalender MotoGP di masa mendatang. Bahkan pria asal Spanyol itu menggaransi kalender MotoGP di Qatar akan terus ada.

"Qatar telah jadi salah satu kalender tradisi MotoGP. Kami punya kesepakatan hingga tahun 2016 dan siap melanjutkan ke periode baru. Hanya soal pertanyaan untuk menandatangani secara resmi. Kami sudah bisa mengatakan MotoGP akan berlanjut di Qatar selama bertahun-tahun," tutupnya.

Musim ini Qatar bakal jadi tuan rumah seri pembuka MotoGP yang akan digelar Minggu (29/3/2015). Marc Marquez mulai pertaruhkan gelar juara dunia di negara monarki tersebut ketika melakoni balapan malam hari di Sirkuit Losail, Doha.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6191 seconds (0.1#10.140)