Firmino Amunisi Anyar Tim Samba

Senin, 30 Maret 2015 - 10:50 WIB
Firmino Amunisi Anyar Tim Samba
Firmino Amunisi Anyar Tim Samba
A A A
LONDON - Brasil seakan tak berhenti melahirkan pesepak bola bertalenta. Nama-nama beken seperti Pele, Ronaldo, Roberto Carlos hingga Neymar berhasil meraih suskes bersama tim pemegang lima gelar Piala Dunia.

Namun, lupakan sejenak nama-nama tersebut. Pasalnya kini Brasil kembali melahirkan sosok muda bertalenta yang diyakini bakal menjadi salah satu pemain besar, dia adalah Roberto Firmino.

Firmino menjadi sorotan usai mencetak gol kemenangan Brasil atas Chile dalam partai uji coba di Stadion Emirates, London, Minggu (29/3/2015). Dalam laga tersebut, Tim Samba berhasil menang tipis dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol yang diciptakan Firmino tersebut sekaligus membawa Brasil memetik 8 Kemenangan beruntun. Setelah sebelumnya, tim besutan Carlos Dunga juga sukses menekuk Kolombia dan Prancis di laga uji coba lainnya.

Firmino yang kini memperkuat klub Hoffenheim muncul sebagai pahlawan. Dia masuk menggantikan Luiz Adriano pada menit ke-60 dan suskes membayar kepercayaan Dunga dengan aksi memukaunya.

Pemain kelahiran Maceio, Brasil itu menjadi penentu kemenangan Selecao setelah 13 menit berada di dalam lapangan. Sang pemain mampu memperdayai kiper Claudio Bravo lalu dengan mudah melesakkan bola ke gawang Chile setelah menerima umpan terobosan dari Danilo.

Praktis gol Firmino tersebut membangkitkan kepercayaan diri Brasil yang sejak awal pertandingan terlihat frustasi untuk membongkar rapatnya barisan pertahanan Chile. Pemuda berusia 23 tahun itu pun di gadang-gadang bakal meraih suskes bersama Selecao mengikuti jejak rekannya Neymar.

Firmino memulai karir di klub Brasil, Figueirense pada tahun 2009. Namun, karir sang pemain mulai bersinar kala bergabung dengan klub Jerman Hoffenheim di tahun 2011. Bersama klub Bundesliga tersebut, performanya yang gemilang membuat Firmino tak kalah bersaing dengan bintang Bundesliga lainnya seperti Robert Lewandowski dan Mario Mandzukic.

Bahkan ia berhasil masuk di peringkat empat besar daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga di musim 2013/2014 dengan 16 gol nya untuk Hoffenheim. Prestasinya tersebut membuatnya dipanggil timnas Brasil, ia melakukan debut internasional untuk Brasil pada tahun 2014 dalam laga uji coba melawan Austria yang berakhir untuk kemangan Selecao 2-1.

Melakukan debutnya untuk timnas, Firmino pun tak dapat menutupi rasa gembiranya. Ia mengaku bahagia karena mimpinya bermain untuk membela negara telah terwujud. "Saya sangat senang dengan kepercayaan yang diberikan pelatih dan saya ingin berterima kasih kepadanya (Carlos Dunga) dan juga untuk tim ini. Sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bisa bermain untuk Brasil,” ungkap Firmino dilansir Express beberapa waktu lalu.

Keberadaan Firmino di timnas Brasil akan semakin menambah kekuatan tim asuhan Carlos Dunga. Ia pun diprediksi bakal meraih lebih banyak kesuksesaan di masa mendatang. Pasalnya di Hoffenheim, sang pemain tampil cukup produktif dengan mengkoleksi 47 gol dari 145 penampilan di semua kompetisi. Firmino pun diharapkan dapat membantu Brasil menambah koleksi gelar mereka.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5668 seconds (0.1#10.140)