Geliat Pembalap Italia di Lintasan Malam

Selasa, 31 Maret 2015 - 10:59 WIB
Geliat Pembalap Italia di Lintasan Malam
Geliat Pembalap Italia di Lintasan Malam
A A A
DOHA - Hampir 10 tahun lamanya, pembalap Spanyol mendominasi podium MotoGP. Maka tidak heran, hasil balapan malam di Sirkuit Losail, Minggu (29/3/2015) yang dikuasai tiga pembalap Italia melahirkan kebanggan sendiri bagi para rider asal Negeri Pizza.

Bagaimana tidak, tiga pembalap Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan Andra Iannone, yang ketiganya lahir di Italia, berhasil memadati podium di balapan perdana. Sementara Juara Dunia Marc Marquez yang diprediksi akan kembali menancapkan kukunya sebagai rider Spanyol tersukses sekaligus termuda, harus tersisih dari hingar-bingar podium di Qatar. Begitu pun dengan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Menurut Opta, ini merupakan kali pertama sejak GP Jepang 2006, 24 September 2006, tiga pembalap asal Italia berhasil menguasai podium di balapan MotoGP. Pada saat itu podium GP Jepang menjadi milik Loris Capirossi, Valentino Rossi, dan Marco Melandri. (Baca juga : Jinakkan Ducati, Rossi Rajai MotoGP Qatar 2015)

Selain itu, untuk kali pertama dalam dekade yang sama, tidak satupun pembalap asal Spanyol yang meraih podium di seluruh tiga kategori balapan Grand Prix. Kali terakhir tidak ada pebalap asal Spanyol yang meraih podium di balapan Grand Prix terjadi di GP Tiongkok, 1 Mei 2005.

Juara kelas Moto2 GP Qatar direbut pebalap AGR Team asal Jerman, Jonas Folger. Sedangkan dua podium terakhir ditempati Xavier Simeon (Federal Gresini) dan Thomas Luthi (Derendinger Racing). Sementara Di kelas Moto3, pebalap SaxoPrint–RTG asal Perancis, Alexis Masbou, berhasil menjadi juara. Disusul Enea Bastianini (Gresini Racing), dan Danny Kent (Leopard Racing).

Apakah ini ibarat sinyal runtuhnya dominasi pembalap dari Negeri Matador, khusunya di kelas MotoGP? Rossi yang memenangkan podium teratas tidak sependapat dengan hal itu. Menurutnya balapan musim ini lebih cocok disebut duel tiga lawan tiga antara pembalap Italia kontra pembalap Spanyol.

"Saya pikir sekarang ada enam kontestan yang siap merebut podium pertama, tiga dari Italia dan tiga lainnya dari Spanyol," kata pembalap berjuluk The Doctor, dikutip Eurosport, Selasa (31/3/2015). (Baca juga : Ducati Pertahankan Orisinalitas Rasa Italia)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7354 seconds (0.1#10.140)
pixels