Doohan : Marquez Sukses Melecut Semangat Rossi

Kamis, 16 April 2015 - 14:44 WIB
Doohan : Marquez Sukses Melecut Semangat Rossi
Doohan : Marquez Sukses Melecut Semangat Rossi
A A A
GOLD COAST - Legenda balap Honda, Mick Doohan menilai penampilan sensasional Marc Marquez membuat pembalap senior Movistar Yamaha, Valentino Rossi makin terlecut. Doohan yang besar bersama Honda di era 1990-an mengatakan Marquez sukses membakar semangat The Doctor merebut gelar juara dunia ke delapan musim ini.

Rossi yang terakhir juara dunia pada 2009, sempat meredup selama empat tahun setelahnya. Kebangkitan pembalap berusia 36 tahun itu terjadi pada musim 2014 di mana Rossi merebut posisi runner up, di bawah Marquez yang saat itu menyabet juara dunia kedua di musim keduanya.

Marquez yang muncul pada musim 2013, memang menjelma jadi musuh bebuyutan baru Rossi pasca pensiunnya Casey Stoner. Datang sebagai rookie, pembalap berusia 22 tahun yang dijuluki The Baby Alien langsung menyabet dua kali juara dunia berturut-turut hingga 2014, mengangkangi Rossi, Jorge Lorenzo serta Dani Pedrosa.

Awal musim 2015, tepatnya di Grand Prix Qatar, 30 Maret lalu, Rossi seolah menunjukkan kebangkitannya di dunia balap motor kelas tertinggi dengan merebut podium teratas. Melihat hal tersebut, Doohan menilai semangat Rossi merebut gelar juara telah kembali terbakar setelah kehadiran Marquez yang terus menyulitkannya.

"Marc Marquez saya pikir sudah menginspirasi Valentino untuk menemukan kembali dirinya sendiri dan mengangkat dirinya sendiri. Bukan berarti Valentino sudah tua, dia tetap pembalap berusia 36 tahun yang melawan pembalap 21 tahun. Generasi yang sama sekali berbeda namun masih bisa berjuang," beber legenda asal Australia dikutip Sportsfan.

Lebih lanjut, Doohan menilai persaingan Marquez dan Rossi sangat positif untuk MotoGP secara keseluruhan. Mulai dari penonton hingga para legenda, semua bisa mendapat keuntungan dari persaingan joki Honda versus Yamaha itu.

"Itu jelas sangat bagus untuk para penggemar, penonton dan pembalap tua seperti saya bisa menyaksikan hal tersebut. Tentu bagus juga untuk MotoGP sendiri," pungkas juara lima kali kelas 500cc itu.

Rossi dan Marquez bakal kembali bertarung di Grand Prix Argentina, akhir pekan nanti. Musim lalu, Marquez lebih unggul atas Rossi dengan menyabet posisi terdepan di garis finish.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3112 seconds (0.1#10.140)