Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United

Jum'at, 17 April 2015 - 15:19 WIB
Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United
Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United
A A A
LONDON - Chelsea akan menjamu Manchester United di Stamford Bridge dalam pekan ke 33 Liga Inggris, Sabtu (18/4) malam WIB. Partai ini bisa jadi partai yang sangat menentukan bagi kedua tim.

Jika kemenangan jatuh kepada Chelsea, The Blues akan semakin dekat menuju tangga juara. Tim asuhan Jose Mourinho ini masih memimpin klasemen dengan poin 73.

Namun jika kemenangan menjadi milik Manchester United, tim asuhan Louis van Gaal ini bakal menggeser Arsenal sekaligus menjaga peluang mereka untuk menjadi juara. Setan Merah saat ini ada di peringkat ketiga dengan poin 65.

Tak ayal, kedua tim dipastikan bakal bertempur habis-habisan demi hasil yang terbaik. Jose Mourinho akan beradu strategi dengan gurunya, Louis van Gaal.

Menyambut laga itu, Sindonews mencoba merangkum lima laga bersejarah yang mempertemukan kedua tim. Berikut lima laga itu.

Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United

1. Kemenangan besar Chelsea

85 tahun silam, Chelsea mencetak kemenangan besar 6-2 atas Manchester United saat Liga Inggris masih benama Divisi Satu. Enam gol Chelsea dicetak lewat hattrick Alec Cheyne, dua gol Hugh Gallacher, dan Jack Townrow.

Kemenangan itu menjadi kemenangan terbesar yang pernah dicatat Chelsea atas United sepanjang sejarah. Sayangnya, di musim itu Chelsea hanya finis di posisi 12.

Nasib lebih buruk justru dialami United karena di musim itu, Setan Merah harus terdegradasi ke Divisi Dua. United finis di posisi paling buncit setelah hanya mengoleksi poin 22 dari 42 pertandingan.

Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United

2. Kekalahan terbesar di Stamford Bridge namun finis sebagai juara

Suporter yang memadati Stamford Bridge saat itu disajikan suguhan 11 gol saat Chelsea menjamu Manchester United di Liga Inggris musim 1954/55. Sayangnya, enam dari 11 gol itu bersarang ke gawang tim pujaan mereka.

Namun demikian, suporter Chelsea patut berbangga. Pasalnya, justru di musim itulah Chelsea berhasil menjadi kampiun untuk pertama kali sepanjang sejarah klub setelah finis dengan poin 52 dari 42 pertandingan.

Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United

3. Pertemuan pertama di final

Piala FA musim 1993-94 menjadi pertemuan pertama kedua tim dalam laga bertajuk final. Bertanding di Stadion Wembley, Chelsea harus takluk 4-0 dari Manchester United lewat dua gol penalti Eric Cantona, Mark Hughes dan Brian Mc Clair.

Di musim itu, Chelsea finis di posisi 14 di atas Tottenham Hotspur. Sebagai finalis Piala FA, The Blues berhak lolos ke Piala Winners ronde pertama bersama Arsenal yang finis di posisi empat.

Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United

4. Pembalasan Chelsea

Chelsea baru berhasil membalas sakit hati kekalahan di final Piala FA 1993/94 setelah 13 tahun. Bertemu United di final Piala FA musim 2006/07, Chelsea unggul tipis 1-0 lewat gol Didier Drogba.

Bagi klub, itu adalah trofi Piala FA keempat mereka dan pertama bagi Jose Mourinho sebagai pelatih Chelsea. Di musim yang sama, Chelsea juga memenangkan Piala Liga.

Lima Pertemuan Bersejarah Chelsea vs Manchester United

5. Final Liga Champions 2007/08


Musim 2007/08 menjadi musim bersejarah bagi Chelsea. Untuk pertama kalinya, mereka lolos ke final Liga Champions. Di final, Chelsea harus berhadapan dengan sesama tim Inggris, Manchester United.

The Blues kebobolan lebih dulu setelah United menjebol gawang Petr Cech lewat Cristiano Ronaldo sebelum dibalas oleh Frank Lampard. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke adu penalti.

Di sinilah, momen menyakitkan bagi John Terry terjadi. Chelsea bisa saja meraih gelar juara Liga Champions setelah Ronaldo gagal mengeksekusi bola.

Namun, Terry yang bertindak menjadi algojo penalti terpeleset. United kemudian menambah gol lewat Anderson dan Giggs sementara Chelsea hanya mampu memasukkan satu gol lewat Salomon Kalo setelah Nicolas Anelka juga gagal.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6990 seconds (0.1#10.140)