Menguak Hubungan Unik Van Gaal dan Mourinho

Sabtu, 18 April 2015 - 07:00 WIB
Menguak Hubungan Unik Van Gaal dan Mourinho
Menguak Hubungan Unik Van Gaal dan Mourinho
A A A
JAKARTA - Laga antara Chelsea kontra Manchester United, Sabtu (18/4/2015) akan menjadi ajang reuni bagi Jose Mourinho dan Louis Van Gaal. Dua manajer papan atas dunia itu bakal kembali bertemu setelah sempat terpisah sekian lama.

Seperti diketahui, Mourinho dan Van Gaal pernah berada di jajaran bangku kepelatihan Barcelona. Keduanya bekerja sama sejak 1997 sampai tahun 2000. Saat itu Van Gaal berperan sebagai pelatih utama dan Mourinho yang jadi asistennya.

Menguak Hubungan Unik Van Gaal dan Mourinho


Kerja sama keduanya sukses mengantarkan El Barca juara La Liga, Copa del Rey dan Piala Super Eropa. Namun demi meningkatkan kariernya, Mourinho pindah ke Benfica dan menjabat sebagai pelatih tim. Sementara Van Gaal, ia harus memenuhi tugas negara melatih tim nasional Belanda.

Setelah melalangbuana ke beberapa klub, mereka akhirnya bertemu kembali di Liga Premier musim ini. Mourinho dengan tugasnya sebagai manajer Chelsea. Sedangkan Van Gaal, ia dipercaya menangani skuat Manchester United.

Pertemuan pertama dua manajer hebat ini terjadi pada 26 Oktober 2014 lalu. Saat itu MU dan Chelsea imbang 1-1. Gol Didier Drogba di menit 53 mampu dibalas Robin van Persie beberepa detik sebelum laga usai. Hasil tersebut jadi gambaran betapa serunya duel The Blues melawan The Red Devils.

"Saya sendiri menganggap Van Gaal (Manajer MU) sebagai sosok yang hebat. Kami memang tidak berkomunikasi di tiap minggunya. Tapi ada perasaan mendalam dari seseorang kepada sahabatnya," ucap Mourinho pada Daily Mail.

"Saya mengenalnya dengan sangat baik. Dia merupakan tipe pria yang senang berpikir," tambahnya.

Laga nanti sebenarnya bukan kali pertama mereka bertemu. Dalam beberapa kesempatan, tim-tim yang dilatih Mourinho pernah berhadapan dengan skuat Van Gaal. Yang paling diingat yaitu ketika Mourinho mengantarkan Inter Milan juara Liga Champions musim 2009/2010 lalu. Di partai final, Inter sukses mengalahkan Bayern Muenchen asuhan Van Gaal dengan skor dua gol tanpa balas.

Catatan sejarah itulah yang sekiranya akan jadi bumbu pemanas duel Chelsea versus MU. Meski pengalamannya di bawah Van Gaal, Mourinho nyatanya pantas disejajarkan dengan seniornya tersebut.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7431 seconds (0.1#10.140)