Sistem Undian Liga Champions Berubah Tahun Depan

Kamis, 23 April 2015 - 23:33 WIB
Sistem Undian Liga Champions Berubah Tahun Depan
Sistem Undian Liga Champions Berubah Tahun Depan
A A A
MUNICH - UEFA mengumumkan bakal melakukan perubahan pada sistem undian Liga Champions pada tahun depan, demi membuat kompetisi kasta tertinggi di Eropa itu menjadi jauh lebih menarik. Sistem sebelumnya tim unggulan dinilai berdasarkan performa mereka di Eropa selama lima tahun sebelumnya, tapi bulan tahun depan tim yang menjadi juara di liga masing-masing bakal masuk port unggulan.

Akibatnya tidak ada negara yang mempunyai lebih dari dua tim pada pot unggulan dan itu berarti pemenang Liga Champions musim 2014-2015 bakal bergabung dengan juara Liga Inggris, Liga Spanyol, Italia, Prancis, Portugal, Jerman dan juga Rusia. Sistem baru ini memungkinkan tim yang tengah berprestasi dapat mendapatkan lawan yang relatif lebih ringan, meski mereka belum pernah tampil di Liga Champions sebelumnya.

Nantinya dalam aturan baru, tim-tim besar seperti Arsenal dan Manchester United akan ditempatkan di pot kedua mengingat Chelsea kemungkinan akan menjadi juara Liga Inggris musim ini. Lalu juara Eredivise Belanda, PSV Eindhoven yang sepertinya akan jadi juara di liga domestik juga bakal masuk pot unggulan, meski mereka hanya masuk daftar 30 berdasarkan koefisien skor terbaik.

Sementara itu juara bertahan Liga Champions, Real Madrid juga akan terlempar ke pot kedua jika mereka gagal mempertahankan gelarnya dan juga jika Barcelona juara Liga Spanyol. "Sepak bola ada;ah tentang kemenangan dan kompetisi. Saya pikir sangat wajar mereka yang telah memenangkan kompetisi mendapatkan perlakukan khusus," bunyi pernyataan UEFA.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7695 seconds (0.1#10.140)