Hendrawan Yakin Lee Chong Wei Bisa Bangkit

Selasa, 28 April 2015 - 10:42 WIB
Hendrawan Yakin Lee Chong Wei Bisa Bangkit
Hendrawan Yakin Lee Chong Wei Bisa Bangkit
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan pebulu tangkis nasional, Hendrawan yakin kalau Lee Chong Wei bisa bangkit usai persoalan doping yang membelitnya. Chong Wei yang positif menggunakan doping akan mengakhiri masa hukumannya pada 1 Mei mendatang setelah Badan Bulu tangkis Dunia (BWF) menghukumnya selama delapan bulan.

Hendrawan saat ini menjadi pelatih Chong Wei. Ia dipercaya oleh Federasi Bulu tangkis Malaysia (BAM) untuk menukangi beberapa pemain nasional negeri jiran tersebut termasuk Chong Wei. Pemain lain yang menjadi binaan Hendrawan adalah Liew Daren, Chean June Wei dan Iskandar Zulkarnain Zainuddin. Chong Wei sendiri sebelumnya dilatih Tey Seu Bock.

Sanksi yang diberikan BWF pada Chong Wei termasuk ringan. Setidaknya kini mantan pemain nomor satu dunia itu sudah kembali bisa memasang ancang-ancang untuk kembali meraih prestasi. (Baca juga : Lee Chong Wei Cuma Dihukum Delapan Bulan)

"Chong Wei akan mengejar segera mungkin saingannya yang telah lebih dulu selangkah di depan dia. Dia akan bangkit dan kembali membawa kemeriahan untuk negeranya," ucap Hendrawan dilansir Thestar, Selasa (28/4/2015).

Hendrawan mencontohkan beberapa pemain yang bisa bangkit setelah terkena kasus doping. Ia mencontohkan Sigit Budiarto yang sempat terkena sanksi selama dua tahun setelah positif doping di Singapura Terbuka 1998. "Tapi setelah ia bisa bangkit dan bisa membawa Indonesia meraih Piala Thomas pada 2002. Saya berharap Chong Wei bisa kembali kuat," imbuhnya.

Mengenai program selanjutnya, Hendrawan mengatakan akan selektif mengingat usia Chong Wei yang sudah tidak muda lagi. "Dia tidak ikut turnamen selama tujuh bulan. Sangat penting untuk merencanakan program dengan sangat hati-hati. Kami akan selektif ikut turnamen."

Setidaknya program yang paling realistis bagaimana mengantarkan Chong Wei meraih tiket Olimpiade 2016 dan meraih medali emas. "Mulai sekarang, kami perlu meninjau ulang program latihan. Kami akan memilih turnamen superseries dan fokus pada kejuaraan besar. Itu tugas saya membantu Chong Wei mewujudkan juara dunia dan olimpiade," pungkas Hendrawan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6462 seconds (0.1#10.140)