Tim Sudirman Target Final

Rabu, 06 Mei 2015 - 09:18 WIB
Tim Sudirman Target...
Tim Sudirman Target Final
A A A
JAKARTA - Menurunkan komposisi terbaik dengan menggabungkan pemain senior dan junior di Piala Sudirman 2015, tim Indonesia realistis mencapai final saat bertarung di Dongguan, China, 11–17 Mei nanti.

Manajer Tim Indonesia Rexy Mainaky menilai dua kombinasi ini diharapkan bisa menunjukkan penampilan maksimal. Dengan mengandalkan tiga nomor di ganda putra, putri, dan campuran, Rexy berharap di sektor tunggal putra dan putri bisa tampil maksimal. Apalagi, dua nomor terakhir diisi para pemain muda. “Kami tetap realistis ke final, meski tidak punya target ke final.

Tapi, saya percaya dengan para junior. Berdasarkan pengalaman saya, ketika saya masih junior, saya dipercaya oleh senior-senior. Jika tidak menargetkan lebih, buat apa kami berangkat? Saya rasa tim saat ini lebih ke tunggal, tunggal putra diisi pemain muda seperti tunggal putri,” ujar Rexy, saat pelepasan tim Sudirman Indonesia bertepatan syukuran HUT ke-64 PP PBSI di Pelatnas Cipayung, Jakarta, kemarin.

Pada ajang ini, tim Indonesia akan menurunkan 20 pemain terbaik yang telah diseleksi. Dua pasangan juara dunia 2013 Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan dan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir menjadi andalan tim. Begitu juga ganda putri peraih medali emas Asian Games 2014 Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Di tunggal putra, seluruh anggota tim merupakan pemain muda, yaitu Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik. Begitu juga dengan tunggal putri yang akan diisi Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, dan Hanna Ramadini. Namun, Hendra, yang akan menjadi kapten, menilai seluruh pemain dalam keadaan siap. “Kondisi teman-teman bagus, tidak ada keluhan.

Kami akan berangkat besok (Rabu, 6/5) dan akan fokus latihan selama di Dongguan,” ujar Hendra. Sementara itu, Liliyana menilai para pemain wajib berlatih lagi di Dongguan untuk beradaptasi lapangan dengan baik. Apalagi, dia menilai persiapannya masih kurang mengingat dirinya baru kembali dari kejuaraan Asia, dua pekan lalu. “Persiapan mepet tidak ada sepekan.

Targetnya bisa menyumbangkan poin untuk tim. Kami berharap mereka (pemain muda) bisa membuat kejutan dan bisa merebut poin. Kalau mereka diberi kesempatan tampil dan mendapatkan poin, akan semakin mudah untuk kami,” ucap Liliyana. Berdasarkan hasil undian, tim Piala Sudirman Indonesia berada di Grup C bersama dua negara raksasa bulu tangkis di Eropa, yaitu Denmark dan Inggris.

Target pertama tim Indonesia adalah lolos sebagai juara grup sehingga dapat terhindar dari tim kuat di babak perempat final. Target utama tim Merah-Putih adalah melaju ke babak final. Pada pergelaran Piala Sudirman 2013 di Kuala Lumpur, Malaysia, tim Indonesia terhenti di perempat final seusai memberikan perlawanan sengit kepada China dengan skor 2-3.

Raikhul amar
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9429 seconds (0.1#10.140)