Etape Pertama ITdBI Milik Hong Kong

Kamis, 07 Mei 2015 - 09:25 WIB
Etape Pertama ITdBI Milik Hong Kong
Etape Pertama ITdBI Milik Hong Kong
A A A
BANYUWANGI - Dominasi Iran di ajang balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) mulai terpatahkan. Di etape I, kemarin, gelar juara berhasil diraih King Lok Cheung dari HKSI Pro Cycling Team Hong Kong.

Lok Cheung membukukan catatan waktu tercepat 3 jam, 58 menit, dan 34 detik pada etape pertama sejauh 167 kilometer dari Glenmore hingga Taman Blambangan. Posisi kedua ditempati Raffa Chitouri dari Skydive Dubai Pro Cycling Team dengan ca-tatan waktu sama dengan Lok Cheung. Sementara Ahmed Mirza Alham Yousif Mohamed dari timnas UEA berada di posisi ketiga dengan selisih 52 detik.

Etape pertama berjalan cukup sengit. Pada awal lomba, para pembalap masih berada satu grup di rombongan besar. Jelang intermediate sprint pertama, sejumlah pembalap menggebrak. Aiman Cahyadi dari Pegasus Continental Cycling Team berhasil merebut sprint pertama. Disusul Zamri Salleh dari Terengganu dan Mat Nur yang membela KFC.

Setelah intermediate sprintpertama, sebanyak 14 pembalap membentuk kelompok kecil memimpin lomba. Namun, lepas dari KM 25, pemimpin lomba terpecah. Empat pembalap di depan, diikuti tiga pembalap dan rombongan besar. Namun, 15 kilometer kemudian, mereka berhasil ditangkap rombongan besar. Tapi, jelang intermediatekedua di KM 74.1, rombongan kembali terpecah.

Sebanyak 10 pembalap memimpin di depan dengan gap empat menit. Adalah Herwin Jaya, pembalap asal tim BRCC yang sukses merebut intermediate sprint kedua. Lepas itu, hingga KM 100, formasi balapan tak banyak berubah. Jelang rute tanjakan pertama di daerah Songgon, rombongan kecil memimpin jalannya lomba, juga terpecah dengan hanya dua pembalap di posisi paling depan.

Kembali nama Herwin Jaya mencatatkan waktu terbaik pada king of mountainpertama. Herwin mengungguli Elan Riyadi dari timnas Indonesia, Yusrizal Usoff asal Trengganu, serta Ruslan Karimov dari timnas Uzkebistan. Tak berselang lama, para pembalap kembali dihadapkan pada tanjakan kedua di Kalibandeng. Kali ini king of mountainkedua menjadi milik Lok Cheung dari HKSI Pro Cycling.

Disusul Raffa Chitoui dari Skydive, Yusuke Hatanaka dari UKYO dan Herwin Jaya di posisi keempat. Hasil ini membuat Herwin hampir pasti mengamankan status raja tanjakan di etape pertama. Lepas dari tanjakan, para pembalap disuguhi medan menurun kemudian datar. Dari sisi rombongan kembali terpecah menjadi empat grup. Sebanyak dua pembalap memimpin di depan, yakni Chitoui dan Lok Cheung. Chitoui merebut intermediatesprint ketiga disusul Lok Cheung dan Yusuke Hatanaka dari UKYO.

Rachmad tomy
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8860 seconds (0.1#10.140)