Inovasi Hamilton

Sabtu, 09 Mei 2015 - 10:27 WIB
Inovasi Hamilton
Inovasi Hamilton
A A A
CATALONIA - Setelah menjalani balapan empat seri di Asia dengan memuaskan, Lewis Hamilton kini akan memfokuskan diri di Eropa. Apalagi, pembalap Mercedes itu tetap mengincar kemenangan saat menjalani balapan di Sirkuit Catalunya, Spanyol, besok.

Meski sudah menjadi juara pada tiga seri sebelumnya di GP Australia, China, dan Bahrain, Hamilton mengaku senang perkembangan mobil Mercedes F1 W06 Hybrid miliknya makin meningkat. Namun, dia mengaku memiliki ambisi pribadi yang berbeda pada balapan nanti. Juara F1 tahun lalu itu berharap bisa mengemudi dengan memiliki gaya baru dibandingkan pada balapan sebelumnya.

Selama ini Hamilton sudah memiliki reputasi balapan dengan gaya flamboyan dan agresif. Namun, dia belum puas dengan sebutan itu. Pembalap berusia 30 tahun itu mengaku selalu mencari cara baru di setiap balapannya dan selalu ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari para pesaingnya. Dengan demikian, dia berharap bisa menemukan gaya baru pada balapan nanti. ”Saya merasa sangat senang dengan apa yang telah dicapai sejauh ini,” kata Hamilton, dilansir crash.

”Saya meninggalkan balapan terakhir dengan berpikir tentang itu (perubahan gaya balapan) dalam beberapa pekan. Jika Anda memiliki tahun seperti tahun lalu, untuk melanjutkannya akan semakin mudah. Tapi, sejauh ini telah berjalan lebih baik dari pada musim lalu,” ujarnya.

Pembalap asal Inggris itu ingin menggeber mobilnya dengan inovasi terbarunya. Hamilton mengaku sangat tertarik mencoba teknik yang berbeda selama balapan nanti agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari para rivalnya. Apalagi, dia sudah mencoba beberapa kali saat melakukan latihan di lintasan tersebut.

”Kami tiba di trek setiap akhir pekan dan melakukan hal yang sama sehingga kami berusaha menjadi inovatif dengan set-up baru, pendekatan baru, teknik berbeda, dan semua hal-hal yang berbeda daripada melakukan hal yang sama setiap balapan. Kini saya telah mencoba menempatkan hal-hal baru saat balapan,” ujar Hamilton.

Jelas, hal tersebut sangat penting untuk Hamilton. Pasalnya, dia takut perbaikan besar-besaran yang dilakukan oleh rival terdekatnya, Ferrari, bisa memberikan ancaman serius untuk Mercedes. Meski rekan setimnya, Nico Rosberg, masih menjadi musuh terdekatnya, Hamilton tetap akan mewaspadai duo pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen.

Apalagi, Vettel mengakui sudah memiliki bayangan bisa mendapatkan hasil bagus di balapan nanti. Saat melakukan pramusim di Sirkuit Catalunya, Februari lalu, Ferrari mampu menunjukkan ketangguhannya sebagai pesaing terkuat Mercedes musim ini. Bahkan, pembalap asal Jerman itu juga semakin yakin jika mendapatkan hasil bagus pada balapan nanti akan memberikan dampak besar untuk timnya bisa kompetitif untuk beberapa balapan berikutnya.

”Secara historis, Barcelona menjadi tempat yang baik untuk menguji seberapa kuat paket tim kami. Saya pikir jika kami dapat menunjukkannya, maka akan membuat langkah maju untuk balapan selanjutnya,” ucap Vettel. ”Secara bertahap, kami harus meningkatkan kecepatan karena pesaing kami juga sangat cepat,” ujarnya.

Dengan begitu, Vettel wajib bisa merebut kemenangan jika ingin memperkecil jarak dari Hamilton yang sudah mengumpulkan 93 poin dan berada di puncak klasemen pembalap sementara. Pasalnya, juara dunia F1 empat kali itu berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 65 poin dan berselisih satu angka dari Rosberg yang berada di atasnya.

Raikhul amar
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5175 seconds (0.1#10.140)