5 Pelatih Timnas Indonesia yang Bawa Garuda Terbang ke Piala Asia

Rabu, 13 September 2023 - 06:02 WIB
5 Pelatih Timnas Indonesia yang Bawa Garuda Terbang ke Piala Asia
JAKARTA - Sejarah Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia di semua kelompok umur tak lepas dari 5 sosok pelatih di bawah ini. Mereka sukses menukangi Skuad Garuda di kelompok umur sampai senior untuk mengukir prestasi lolos ke Piala Asia.

Teranyar ada nama Shin Tae-yong yang berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024. Hebatnya, bersama Merah Putih, STY juga pernah membawa Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Indonesia senior ke Piala Asia.



Sebelum STY, ada nama Fakhri Husaini yang mengantar Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-16 ke Piala Asia kelompok umur. Di level senior bahkan ada nama Danurwindo, Nandar Iskandar dan Ivan Kolev yang pernah mengantar Garuda terbang ke Piala Asia.

Berikut 5 Pelatih yang membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia



1. Danurwindo (1996)



Danurwindo adalah pelatih pertama yang berhasil membawa Timnas Indonesia melangkah ke Piala Asia, tepatnya pada tahun 1996. Pada babak kualifikasi, Timnas Indonesia berada di Grup 4 bersama Malaysia dan India. Setelah bermain imbang 0-0 melawan Malaysia, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan India dengan skor 4-1. Sebagai juara grup, Timnas Indonesia pun melaju ke putaran final.

Meskipun berhasil mencapai Piala Asia 1996, Timnas Indonesia tidak berhasil melangkah ke fase gugur. Setelah bermain imbang 2-2 melawan Kuwait, Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Korea Selatan dan 0-2 dari Uni Emirat Arab.

2. Nandar Iskandar (2000)



Nandar Iskandar membawa Timnas Indonesia melangkah ke putaran final Piala Asia 2000. Ia membimbing Timnas Indonesia untuk finis sebagai juara Grup 7 dalam kualifikasi Piala Asia 2000. Pada saat itu, Timnas Indonesia bersaing dengan Hong Kong dan Kamboja.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More