7 Fakta Ali Daei, Sosok Top Skorer Piala Asia Sepanjang Masa

Senin, 12 Februari 2024 - 16:14 WIB
7 Fakta Ali Daei, Sosok Top Skorer Piala Asia Sepanjang Masa. Foto: IST
Ali Daei merupakan salah satu sosok bersejarah dalam sepak bola Asia. Selain menjadi top skorer Piala Asia sepanjang masa, masih ada beberapa rekor fantastis lain yang pernah diraihnya baik di level klub maupun negara.

Ali Daei yang lahir pada 21 Maret 1969 adalah striker legendaris asal Ardabil, Iran. Dirinya memperkuat Team Melli pada periode tahun 1993 hingga 2006.

Sampai saat ini Ali Daei masih memuncaki daftar top skorer atau pencetak gol terbanyak di kompetisi Piala Asia dengan koleksi 14 gol. Meski begitu dirinya belum pernah sekalipun mengangkat trofi Piala Asia.

7 Fakta Ali Daei

1. Berkarier di Dunia Sepak Bola sejak 1990-an



Ali Daei memulai karier sepakbolanya di tahun 1990 dengan memperkuat klub Liga Iran, Bank Tejarat. Dari situ dirinya mulai dikenal sebagai salah satu striker potensial.



Kemudian pada tahun 1992 Ali memulai debutnya di timnas senior Iran, dan pada tahun 1994 dia ditransfer ke Piroozi FC. Barulah pada tahun 1996 dirinya hijrah ke Qatar untuk memperkuat klub Al Sadd SC.

2. Pernah Perkuat Tiga Klub Bundesliga



Permainan apik Ali di Al Sadd SC rupanya membuat salah satu klub Bundesliga, Arminia Bielefeld tertarik untuk memboyongnya ke Jerman pada tahun 1997.

Hanya berselang satu tahun, dirinya langsung diminati oleh klub raksasa Jerman Bayern Munchen. Arminia lantas melepas salah satu bintangnya itu ke Munchen di tahun 1998.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More