Hasil BATC 2024: Bagas/Fikri Menang, Indonesia Sama Kuat 1-1 Lawan China

Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:59 WIB
Hasil BATC 2024: Bagas/Fikri Menang, Indonesia Sama Kuat 1-1 Lawan China. Foto: PBSI
SELANGOR - Tim Putra Indonesia sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan China dalam laga perempat final Badminton Asia Team Championships (BATC) 2024 . Poin penyeimbang itu didapat dari partai kedua lewat Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, yang mengalahkan He Ji Ting/Ren Xiang Yu, dua gim langsung dengan skor kembar 21-19 dan 21-19 dalam waktu 38 menit.

Mentas di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Jumat (16/2/2024) sore WIB, Bakri -sebutan Bagas/Fikri- tampil percaya diri di awal pertandingan sehingga bisa unggul 4-2. Namun, He/Ren bisa bangkit dengan cepat untuk membuat skor imbang di angka 5-5 dan 7-7.

Bahkan, duet Merah-Putih berbalik tertinggal 9-11 di interval gim pertama karena tak mampu mengimbangi permainan cepat yang diterapkan oleh lawan. Mereka pun semakin ketinggalan jauh di angka 12-16 usai melakukan banyak kesalahan.



Akan tetapi, Bagas/Fikri pelan tapi pasti bisa bangkit dan balik menekan lawan. Smash-smash keras dan serangan bola mendatar yang mereka lancarkan membuat He/Ren kerepotan.



Alhasil, pasangan ranking sembilan dunia itu bisa menyamakan kedudukan di angka 17-17. Mereka pun terus bermain gemilang di poin-poin kritis hingga akhirnya sukses mengamankan kemenangan dengan skor 21-19 di gim pertama.

Pertarungan sengit kembali terjadi di gim kedua. Bagas/Fikri yang memimpin 4-2 lebih dulu kembali bisa dikejar oleh He/Ren di angka 4-4 dan 5-5.

Namun, kali ini juara All England 2022 itu mampu meminimalisir kesalahan sehingga bisa unggul lagi dalam kedudukan 10-6. Meski He/Ren sempat mendekat lagi di angka 9-10, mereka tetap menjaga keunggulan di interval gim kedua dengan skor 11-9.

Usai rehat, Bakri tak mengendurkan serangan. Mereka terus membombardir pertahanan lawan dengan variasi serangan bola-bola tajam yang mereka terapkan. Hasilnya, mereka memperlebar keunggulan menjadi 17-12.

Sayangnya, setelah memimpin 20-14, pasangan Pelatnas PBSI malah lengah dan memberikan nafas segar untuk He/Ren mengembangkan permainan. Alhasil, sang lawan bisa memangkas ketertinggalan mereka menjadi 19-20. Beruntung, sebuah bola tanggung di depan net mampu di smash dengan akurat oleh Bagas sehingga Bakri menutup gim kedua dengan kemenangan 21-19.

Selepas ini, Indonesia mengutus Alwi Farhan untuk turun di partai ketiga. Pemain berusia 18 tahun itu akan berhadapan dengan Lei Lan Xi.
(sto)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More