Blak-blakan, Pelatih Filipina Akui Kekuatan Timnas Indonesia

Senin, 10 Juni 2024 - 20:24 WIB
Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet menyebut Skuad Garuda sebagai salah satu tim kuat di Asia. Foto/Andika Rachmansyah
JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Filipina, Tom Saintfiet, mengakui kekuatan Timnas Indonesia. Saintfiet bahkan menyebut Skuad Garuda merupakan salah satu tim kuat di Asia.

The Azkals -julukan Timnas Filipina- akan menantang Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB. Filipina tanpa beban menghadapi laga ini karena sudah dipastikan tersingkir dari Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jelang laga tersebut, Saintfiet mengakui kualitas Timnas Indonesia yang dinilai sudah berada di level Asia. Juru taktik asal Belgia itu sangat antusias menjalani pertandingan besok yang digelar di SUGBK.



“Indonesia adalah lawan terakhir kami di fase grup, bagi kami mereka adalah salah satu kekuatan sepak bola di Asia,” kata Saintfiet dalam konferensi pers jelang laga, Senin (10/6/2024).



“Ini adalah negara yang fantastis, saya tahu pelatih-pelatih Timnas Indonesia di masa lalu dan saya senang bisa menjadi pelatih yang menghadapi Timnas Indonesia. Saya juga merasa stadion Indonesia luar biasa, dengan dukungan fans yang luar biasa," katanya.

Kendati begitu, Saintfiet menegaskan Filipina akan memberikan penampilan maksimalnya demi mencuri kemenangan. Dia tidak begitu silau melihat kekuatan yang dimiliki Timnas Indonesia.



"Namun di lapangan, kami akan mencoba yang terbaik. Kami berkembang hari demi hari. Kami akan berupaya besok karena itu adalah tugas kami untuk menyenangkan para fans Filipina meski kami tahu Indonesia adalah tim yang kuat,” tutur Saintfiet.

Lebih lanjut, Saintfiet sebenarnya cukup sedih karena Filipina harus tersingkir. Tapi dia tetap antusias menjalani laga kontra Timnas Indonesia. “Besok adalah pertandingan terakhir untuk kami di FIFA World Cup Qualifiers, sedih karena kami keluar dari kompetisi ini, tetapi kami tidak sabar menantikan pertandingan besok,” ucap Saintfiet.

Sementara, pertandingan ini menjadi laga krusial bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, pasukan Shin Tae-yong wajib menang atas Filipina jika ingin melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More