Intip Deretan Aturan Baru Euro 2024, Lengkap dengan Teknologi Pendukungnya

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:18 WIB
Teknologi VAR akan membantu kinerja wasit sepanjang turnamen Euro 2024. Foto/Mirror
JAKARTA - Ajang Euro 2024 kali ini terdapat aturan baru. Pihak penyelenggara UEFA memastikan bakal membuat setiap tim nasional sepak bola Eropa bermain dengan sportif pada 14 Juni hingga 14 Juli mendatang melalui sejumlah teknologi pendukung.

Aturan baru Euro 2024 secara resmi diumumkan pada pertengahan Mei lalu di Jerman, di antaranya hanya kapten tim yang bisa mengajukan protes kepada wasit lapangan. Sebelumnya, seluruh pemain bisa melakukan protes. Jika ada pemain selain kapten protes bakal langsung diganjar kartu kuning.

Para punggawa tim terbaik dari Eropa memastikan bakal mematuhinya. Lantaran posisi wasit kini sangat kuat dalam membuat keputusan melalui komunikasi antara kapten tim.



Melansir Mirror, Rabu (12/6/2024), berikut 5 teknologi pendukung aturan baru Euro 2024 :

1. Jumlah Skuad Tim



Setiap partisipan diizinkan menyebutkan skuad yang terdiri dari 26 pemain. Aturan jumlah skuad tim sebelumnya diusulkan akan kembali ke format 22 pemain. Namun, setelah berdiskusi dengan para manajer tim, termasuk Gareth Southgate dari timnas Inggris, UEFA mengonfirmasi keputusan tersebut.

“Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk meningkatkan ukuran skuad maksimum tim yang berpartisipasi dalam Euro 2024 menjadi 26 pemain. Peningkatan tersebut bukan kewajiban bagi asosiasi sepak bola peserta. Sesuai dengan peraturan kompetisi, tim harus memberikan daftar berisi minimal 23 pemain dan maksimal 26 pemain pada batas waktu 7 Juni.”



2. Video Assistan Referee (VAR)



Teknologi yang berfungsi membantu wasit dalam menentukan keputusan di lapangan dengan meninjau ulang video ini dipertahankan di ajang Euro 2024. Lantaran sebanyak 19 klub Liga Premier memilih untuk mempertahankan teknologi ini, maka UEFA juga ingin mempertahankannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More