Virgil van Dijk Minta Wasit Tanggung Jawab atas Kekalahan Belanda

Kamis, 11 Juli 2024 - 18:20 WIB
Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk merasa sangat kesal dengan wasit Felix Zwayer yang memimpin laga melawan Inggris pada semifinal Piala Eropa 2024. Foto/Goal
JERMAN - Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk merasa sangat kesal dengan wasit Felix Zwayer yang memimpin laga melawan Inggris pada semifinal Piala Eropa 2024 di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB. Menurutnya, Zwayer harus bertanggung jawab atas kekalahan Die Oranje - julukan Timnas Belanda - pada laga tersebut.

Belanda harus menelan pil pahit lantaran gagal menembus partai final Piala Eropa 2024. Tim besutan Ronald Koeman dipaksa mengakui keunggulan Inggris dengan skor 1 - 2 pada babak semifinal.

Die Oranje sejatinya mampu unggul lebih dulu melalui tembakan Xavi Simons di menit tujuh. Tembakan pemain 21 tahun ini dari luar kotak penalti, mengujam deras ke sisi kiri atas gawang Inggris yang dikawal Jordan Pickford.



Namun petaka awal Belanda datang 11 menit berselang. Zwayer memutuskan memberikan hadiah penalti kepada Inggris setelah Denzel Dumfries dinilai melakukan pelanggaran terhadap Harry Kane. Kane yang maju sebagai algojo, sukses menuntaskan tugasnya untuk membuat skor imbang 1 - 1.



Belanda benar-benar harus mengubur mimpinya menjadi kampiun Piala Eropa 2024 setelah pemain pengganti Ollie Watkins mencetak gol di menit 90. Sepakan kaki kanan striker Aston Villa ini, gagal dibendung Bart Verbruggen. Skor 2 - 1 untuk kemenangan The Three Lions - julukan Timnas Inggris.

“Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, saya tidak tahu apakah saya harus mengatakan sesuatu mengenai hal ini. Wasit masuk cukup cepat ke ruangannya setelah pertandingan dan tidak memiliki waktu untuk berjabat tangan, itu bisa menjelaskan segalanya,” ujar Van Dijk, seperti dilansir dari Goal.



“Sulit untuk menerima kekalahan ini. Ini merupakan tahun yang sulit bagi kami. Kami mempunya mimpi besar dan kami merasa bisa mencapainya. Mereka (wasit) terus mengubah hal-hal tertentu, perubahan kecil yang bisa berdampak besar. Mungkin ada baiknya mereka (wasit) dimintai pertanggung jawaban,” kata bek Liverpool ini.
(msf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More