Imane Khalif Peraih Emas Tinju Paling Kontroversial di Olimpiade Paris 2024

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:27 WIB
Imane Khalif Peraih Emas Tinju Paling Kontroversial di Olimpiade Paris 2024/The Sun
Imane Khelif peraih medali emas tinju paling kontroversial di ring tinju Olimpiade Paris 2024 . Imane Khalif memenangkan medali emas Olimpiade di final kelas welter putri setelah pertarungan antar gender yang menarik perhatian dunia.

Imane Khelif berada di tengah-tengah pertikaian antara IOC dan IBA. Peraih medali emas paling kontroversial di Olimpiade kali ini telah dipastikan saat petinju gender-derajat Imane Khelif memenangkan gelar juara kelas welter putri di Roland Garros.





Khelif yang berasal dari Aljazair telah menjadi pusat dari perang budaya global sejak lawannya dari Italia, Angela Carini, mengundurkan diri setelah hanya 46 detik dalam ronde pertama pertandingan, dan mengklaim bahwa ia tidak pernah dipukul sekeras itu. Setelah mendapat dukungan dari Donald Trump, JK Rowling dan jutaan orang lainnya secara online, Khelif dinobatkan sebagai juara Olimpiade dengan mengalahkan Yang Liu dari Tiongkok di final.

Di tengah dukungan besar masyarakat Aljazair dan antagonisme internasional yang luar biasa di Court Philippe Chatrier - lapangan tenis ikonik yang diubah menjadi tempat tinju untuk tahap akhir Olimpiade - petinju berusia 25 tahun ini secara komprehensif mengalahkan lawannya.

Bersama petinju Taiwan, Lin Yu-ting, Khelif didiskualifikasi dari Kejuaraan Dunia tahun lalu setelah gagal dalam tes gender. Namun, karena badan tinju amatir IBA tidak lagi diakui oleh IOC, keduanya diizinkan untuk bertanding di Paris - dan keduanya telah mencapai babak final, dengan Lin akan menghadapi Julia Szeremeta dari Polandia di partai final.



Khelif, yang partisipasinya telah membuat sirkus menjadi tidak nyaman, telah menjadi target transfobia yang salah kaprah - ia terlahir sebagai perempuan dan diyakini memiliki kromosom XY laki-laki dan kelebihan hormon testosteron. Sebuah konferensi pers yang diadakan oleh IBA yang dipimpin oleh Rusia pada awal pekan ini menambah kecaman - sementara IOC mengecam 'perburuan penyihir' terhadapnya, dengan presidennya yang menyerukan diakhirinya 'ujaran kebencian'.

Khelif sendiri menuntut diakhirinya kampanye 'perundungan' terhadap dirinya dalam sebuah wawancara di awal pekan ini. Petenis Aljazair itu, yang telah dikalahkan oleh sembilan petenis selama karirnya, mengalahkan Anna Luca Hamori dari Hungaria di perempat final dan Janjaem Suwannapheng dari Thailand di semifinal tanpa kesulitan berarti.
(aww)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More