Nova Arianto Ungkap Kriteria Pemain Timnas Indonesia yang Diinginkan Shin Tae-yong: Punya IQ Tinggi!

Minggu, 11 Agustus 2024 - 13:03 WIB
Nova Arianto mengungkapkan kriteria pemain Timnas Indonesia yang diinginkan Shin Tae-yong / Foto: PSSI
Nova Arianto mengungkapkan kriteria pemain Timnas Indonesia yang diinginkan Shin Tae-yong . Dalam sebuah kesempatan, dia menjelaskan jika pelatih asal Korea Selatan itu menginginkan pemain yang memiliki Intelligent Quotient (IQ) atau indikator kecerdasan yang tinggi.

Nova Arianto sudah lama bekerja bersama Shin Tae-yong. Pria yang juga menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 itu paham betul dengan keinginan serta kriteria juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Nova mengungkapkan, salah satu keinginan STY adalah mengasuh pemain-pemain dengan IQ tinggi. Nova membeberkan, pemain dengan tingkat kecerdasan tinggi akan mudah untuk menerima arahan.





"Kalau kecerdasan ini yang selalu coach Shin sampaikan. Sepak bola sekarang membutuhkan orang-orang yang cerdas. Karena Analisa coach Shin disaat dia melatih, disaat dia di lapangan ‘wah pemain ini nih kayaknya (maaf) IQ-nya kurang tinggi-lah’. Menurut coach Shin, pemain harus mempunyai IQ yang tinggi agar apa? Agar saat dia menerima masukkan atau arahan dari pelatih dia bisa paham," ungkap Nova dalam kanal Youtube Arya Sinulingga, Minggu (11/8/2024).

Nova kemudian mengisahkan satu momen ketika ada pemain yang tidak sesuai dengan kriteria Shin. Mantan pemain Persib Bandung itu mengatakan, pemain ini sulit menerima arahan atau masukkan ketika pertandingan. Akibatnya, hal ini berpengaruh pada pola permainan tim.

"Dan akhirnya ada beberapa pemain ya, saya tidak bisa menyebut. Ada si A ‘coach coba cek ini IQ-nya berapa’. Kebetulan kami punya staf untuk mengecek IQ pemain-pemain tersebut. Akhirnya setelah dilihat ‘tuh kan ini masuknya (rendah)’," kata Nova.



"Pemain itu ketika dimarahi malah makin nge-blank, panik dia," imbuhnya.

Walau begitu, Nova mengatakan Shin tetap memperbolehkan pemain itu menyelesaikan pertandingan bersama Timnas Indonesia. Namun, Nova mengungkapkan Shin tidak memberikan arahan lagi kepada pemain itu.
(yov)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More