Joseph Agbeko, King Kong Ghana Pensiun gara-gara Dikecewakan WBO

Kamis, 15 Agustus 2024 - 10:19 WIB
Joseph Agbeko, sang King Kong Ghana Pensiun usai Dikecewakan WBO/Tapology
Profil Joseph Agbeko, mantan juara tinju IBF yang gantung sarung tinju akibat kecewa jalan menuju perebutan gelar digagalkan WBO . Setelah empat tahun vakum, Joseph "King Kong" Agbeko memutuskan untuk berhenti dari olahraga yang telah membuatnya terkenal di Ghana.

Joseph Agbeko, 44 tahun, mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia tinju dalam sebuah wawancara dengan BoxingScene. "Ya, saya sudah pensiun. Saya sudah lama memutuskan untuk berhenti bertinju, namun saya belum mengumumkannya secara resmi," ujar Agbeko.





"Tinju adalah olahraga di mana tidak ada yang harus mempensiunkan Anda. Anda harus pensiun sendiri, karena ini adalah olahraga yang harus Anda berikan atau terima. Ketika Anda mulai merasakan sakitnya pukulan, maka Anda harus tahu bahwa tubuh Anda tidak dapat menerimanya lagi. Maka anda harus menjauh dari itu, karena lebih baik pensiun dan menjalani hidup yang sehat daripada menempatkan diri anda di atas ring dan terluka,"paparnya.

Pengumuman pensiun Agbeko ini datang empat tahun setelah pertandingan terakhirnya di atas ring, melawan Albert Commey pada tahun 2020. Commey kalah TKO pada ronde kelima dari legenda tinju Ghana itu di kampung halamannya, Accra, Ghana.

Agbeko dari Ghana menjadi juara dunia kelima dari negaranya, pada tahun 2007, setelah David Kotei, Azumah Nelson, Ike Quartey dan Alfred Kotey. Pada usia 27 tahun, Agbeko menghentikan perlawanan petinju Nikaragua, Luis Alberto Perez, dalam tujuh ronde untuk menjadi pemegang gelar juara kelas bantam IBF - gelar yang dipertahankannya dua kali sebelum kalah dari petinju Kolombia, Yonnhy Perez, dua tahun kemudian.

Agbeko menggunakan klausul pertandingan ulang untuk mendapatkan kembali gelarnya 14 bulan kemudian. Namun, ia kemudian kehilangan sabuk IBF lagi dari petinju Meksiko Abner Mares pada tahun 2011.

Kekalahan tersebut mengakhiri kejayaannya sebagai pemegang gelar juara dunia setelah ia gagal merebut kembali gelar tersebut dalam pertarungan ulang empat bulan kemudian. Agbeko menghadapi banyak petarung hebat di usia 118 tahun selama masa kejayaannya, termasuk dalam kekalahan angka mutlak 12 ronde dari Guillermo Rigondeaux asal Kuba pada tahun 2013.

Sejak saat itu, Agbeko baru kembali mendekati gelar juara dunia lagi pada tahun 2021, saat ia memenangkan dan mempertahankan gelar kelas bantam WBO Afrika sebanyak tiga kali. Ketika pertarungan perebutan gelar juara dunia gagal terwujud, Agbeko menyalahkan WBO yang sengaja menggagalkan kariernya meski ia berada di peringkat tiga besar oleh badan pemberi sanksi tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More