Mengapa Tyson Fury Ogah Ganti Pelatih Jelang Rematch Oleksandr Usyk?

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 13:02 WIB
Mengapa Tyson Fury Ogah Ganti Pelatih Jelang Rematch Oleksandr Usyk? Foto: BBC
Tyson Fury telah mengonfirmasi bahwa ia tidak akan mengganti tim pelatihnya, termasuk ayahnya, John Fury, meskipun menerima banyak kritik terkait peran tim tersebut dalam kekalahannya dari Oleksandr Usyk pada Mei lalu. Dalam pertandingan tersebut, Usyk berhasil mengalahkan Fury dengan kemenangan split-decision, menjadikannya orang pertama yang mengalahkan 'The Gypsy King' di arena profesional.

Momen penting dalam laga itu terjadi di ronde kesembilan, ketika Usyk mendaratkan serangan bertubi-tubi yang hampir menjatuhkan Fury. Beruntung, lonceng penyelamat berbunyi tepat waktu, namun banyak pihak merasa pertandingan itu seharusnya dihentikan lebih awal.





Pertandingan ulang antara Fury dan Usyk telah dijadwalkan pada Desember mendatang, di mana laga ini diprediksi akan menjadi salah satu pertarungan terbesar tahun ini. Namun, usai laga pertama, sudut tinju Fury—termasuk ayahnya—dapat kritik tajam setelah rekaman menunjukkan mereka memberi arahan kepada Fury bahwa ia berada di depan dan tidak perlu mencari kemenangan KO. Hanya satu hakim yang setuju dengan penilaian ini, sementara dua lainnya memberi kemenangan pada Usyk.

Meskipun banyak yang menyarankan agar Fury mengganti ayahnya dengan pelatih baru, sang petinju berusia 36 tahun menegaskan tidak akan ada perubahan di timnya. Saat berbicara kepada Paul Dempsey untuk promosi game tinju "Undisputed," Fury menegaskan bahwa dia tahu apa yang harus dilakukan.

"Orang bisa bilang aku harus mengganti pelatih atau menyalahkan pelatih fisik, tukang masak, bahkan tikus di sebelah, tapi aku akan tetap dengan tim yang sama. Aku tahu apa yang harus dilakukan," ujarnya.

Fury juga merasa bahwa dia memenangkan pertarungan sebelumnya, memberikan Usyk hanya ronde kedelapan, kesembilan, dan kesepuluh, dengan ronde kesembilan sebagai 10-8 untuk Fury. "Satu hakim setuju denganku, dua lainnya melihatnya berbeda. Itu sangat tipis, seketat yang bisa terjadi," tambahnya.

Tak hanya Fury yang merespons, Peter Fury, yang pernah melatih Fury ketika mengalahkan Wladimir Klitschko pada 2015, juga berpendapat bahwa ada terlalu banyak suara di sudut Fury. Peter menyarankan agar hanya ada satu orang yang berbicara, karena terlalu banyak suara justru bisa memberikan arahan yang membingungkan bagi petinju di atas ring.

"Dalam pertarungan, tidak peduli apakah itu anggota keluarga, arahan harus jelas dan fokus," kata Peter kepada October Red. Ia juga menambahkan bahwa suara-suara emosional di sudut Fury mungkin turut berperan dalam kesalahan strategi saat melawan Usyk.

Meskipun waktu terus berjalan menuju pertandingan ulang, Fury baru-baru ini mengakui bahwa ia belum memulai kamp latihan secara penuh. Ia mengatakan hanya butuh sekitar enam atau tujuh minggu untuk mempersiapkan diri menghadapi Usyk di malam pertarungan. "Aku belum mulai berlatih, mungkin akan mulai dalam enam minggu ke depan," katanya saat diwawancarai baru-baru ini.

Dengan duel ulang yang semakin dekat, semua mata akan tertuju pada bagaimana Fury mempersiapkan diri dan apakah keputusan untuk tetap mempertahankan tim lamanya, termasuk ayahnya, akan berbuah manis dalam pertarungan besar tersebut.
(sto)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More