Francesco Bagnaia Juara MotoGP Jepang 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 - 13:06 WIB
Francesco Bagnaia Juara MotoGP Jepang 2024. Foto: IST
MOTEGI - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil memenangkan MotoGP Jepang 2024. Bagnaia sukses mengasapi Jorge Martin (Ducati Pramac).

Balapan itu digelar di Sirkuit Twin Ring Motegi, Motegi, Jepang pada Minggu (6/10/2024) siang WIB. Bagnaia yang memulai balapan dari posisi kedua berhasil tampil impresif dan mengunci kemenangan di sirkuit itu.

Pada lap pertama, Francesco Bagnaia langsung mengambil alih posisi terdepan. Memulai balapan dari grid kedua, pembalap asal Italia itu melesat dan menyalip Pedro Acosta , serta Brad Binder.



Sementara, Jorge Martin juga melakukan manuver cepat untuk mengambil alih posisi kedua. Martin yang memulai balapan dari grid 11 kini berada di belakang Bagnaia, dan tepat di depan Marc Marquez.



Baru dua lap balapan berlangsung, Alex Marquez dan Joan Mir terjatuh. Tak lama berselang, Pedro Acosta ikut terjatuh dan membuatnya terpental ke posisi 19 dalam balapan tersebut. Bagnaia, Martin, dan Marquez masih menjadi tiga pembalap terdepan hingga lap ke-11.

Bagnaia terus berupaya mempertahankan posisi pertama hingga memasuki lap ke-15. Namun, Martinator -julukan Jorge Martin- terus mengejar. Kini, kedua pembalap hanya berselisih 1,6 detik.

Di sisi lain, The Baby Alien -julukan Marc Marquez- juga sedang berupaya keras untuk menjaga posisinya dari ancaman Enea Bastianini. Kedua pembalap terlihat hampir bersenggolan beberapa kali.

Ada pun, Pedro Acosta akhirnya menyerah pada lap ke-16 setelah jatuh beberapa kali. Rookie asal Spanyol itupun memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan. Hingga lap ke-18, tercatat ada enam pembalap yang berstatus DNF.

Pada akhirnya, Bagnaia yang sulit dikejar berhasil mengunci kemenangan di MotoGP Jepang 2024. Dia berhasil meraih kemenangan pertama setelah terakhir di MotoGP Australia pada Agustus 2024 lalu.

Hasil Balapan

Francesco Bagnaia berhasil meraih kemenangan di MotoGP Jepang dengan catatan waktu 42 menit 9,79 detik, mengukuhkan posisinya sebagai yang tercepat di lintasan. Bagnaia, yang membela Ducati Lenovo, mengungguli rival terdekatnya, Jorge Martin dari Pramac Ducati, dengan selisih 1,189 detik. Di posisi ketiga, Marc Marquez dari Gresini Ducati mencatatkan waktu lebih lambat 3,822 detik dari Bagnaia. Rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini, finis di posisi keempat dengan selisih 4,358 detik. Sementara itu, Franco Morbidelli melengkapi lima besar dengan selisih 17,940 detik di belakang sang pemenang.
(sto)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More