Timnas Indonesia U-17 Tatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025: Tantang Australia di Grup G!

Senin, 21 Oktober 2024 - 12:28 WIB
Timnas Indonesia U-17 Tatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2025: Tantang Australia di Grup G!
Timnas Indonesia U-17 akan segera memulai perjuangan di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, yang akan berlangsung di Kuwait pada 23-27 Oktober 2024. Di grup ini, Tim Garuda Asia akan berhadapan dengan tuan rumah Kuwait, Australia, serta Kepulauan Mariana Utara.

Persaingan di Grup G diperkirakan tidak akan mudah. Tuan rumah Kuwait, yang lama dikenal sebagai salah satu kekuatan sepak bola di Timur Tengah, serta Australia, yang konsisten menjadi lawan tangguh Indonesia di berbagai kelompok usia, dianggap sebagai lawan berat bagi Putu Panji Apriawan dan kawan-kawan. Satu-satunya lawan yang diprediksi lebih ringan adalah Kepulauan Mariana Utara, yang memiliki pengalaman terbatas di ajang internasional.

Format dan Peluang Timnas Indonesia





Dikutip dari Seasigoal, Senin (21/10/2024) sebanyak 10 juara grup dari kualifikasi Piala Asia U-17, bersama lima runner-up terbaik, akan lolos ke putaran final yang akan diselenggarakan di Arab Saudi pada 3-20 April 2025. Dalam konteks ini, Timnas Indonesia U-17 harus tampil maksimal untuk mengamankan posisi di puncak grup atau setidaknya berada di peringkat runner-up terbaik.

Pelatih Nova Arianto telah menunjuk 23 pemain yang akan berjuang dalam kualifikasi ini. Sebagian besar dari mereka merupakan pemain yang tampil di Piala AFF U-16 2024. Nama-nama yang menjadi perhatian adalah Mathew Baker, bek yang bermain di Melbourne City, Australia, serta Lucas Lee, gelandang yang memperkuat De Anze Force di Amerika Serikat.

Selain itu, Nova juga mengandalkan pemain langganan Timnas U-17 seperti Zahaby Gholy, Muhammad Mierza Firjatullah, dan Fadly Alberto. Tak ketinggalan, trio muda Bali United, Putu Panji Apriawan, Ida Bagus Putu Cahya, serta Komang Mardian G, siap memperkuat barisan pertahanan Indonesia.

Persiapan Intensif di Luar Negeri



Sebagai bagian dari persiapan menuju kualifikasi, Timnas Indonesia U-17 telah menjalani pemusatan latihan dan serangkaian uji coba di Spanyol dan Qatar. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas permainan serta pengalaman bertanding para pemain Garuda Asia.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-17 juga berlaga di Piala AFF U-16 2024 yang digelar di Solo. Di turnamen tersebut, Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga setelah mengalahkan Vietnam 5-0. Meskipun harus takluk 3-5 dari Australia di babak semifinal, performa Zahaby Gholy dan kawan-kawan diharapkan menjadi bekal penting untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17.

Sebagai catatan, Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 diikuti oleh 10 tim dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang berhak melangkah ke putaran final. Penarikan diri Lebanon dari Grup H juga membuat perhitungan poin mengalami sedikit penyesuaian, di mana hasil melawan tim peringkat keempat dan kelima di grup berisi empat atau lima tim tidak akan dihitung dalam klasemen akhir.

Kini, tantangan berat menanti Indonesia di Kuwait. Mampukah Tim Garuda Asia melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2025? Semua mata tertuju pada pertandingan-pertandingan mendatang yang akan sangat menentukan.
(sto)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More