Enea Bastianini Juara Sprint Race MotoGP Thailand 2024

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 16:28 WIB
Enea Bastianini Juara Sprint Race MotoGP Thailand 2024. Foto: Michelin
BURIRAM - Balapan sprint MotoGP Thailand 2024 telah digelar pada Sabtu (26/10/2024) sore WIB di Sirkuit Internasional Chang, Buriram. Hasilnya, pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini, keluar sebagai pemenang balapan 13 lap itu.

Bastianini menang atas Jorge Martin dan Francesco Bagnaia, yang berada di belakangnya. Sedangkan Marc Marquez finis di tempat keempat.

Dengan hasil tersebut, Martin sedikit memperlebar keunggulannya di puncak klasemen sementara MotoGP 2024 menjadi 22 poin atas Bagnaia. Alhasil, dia semakin berada dalam posisi yang menguntungkan untuk menatap balapan utama besok.



Begitu balapan dimulai, Francesco Bagnaia yang start dari posisi terdepan disalip oleh Jorge Martin yang muncul dari tempat ketiga. Namun, agresivitas yang ditunjukkan rider Pramac Ducati itu malah membuatnya nyaris bertabrakan saat menikung.

Alhasil, Martin terpental ke posisi kelima di belakag Pedro Acosta. Enea Bastianini dan Marc Marquez justru melesat ke urutan dua terdepan. Namun tak butuh waktu lama bagi Pecco -sapaan Bagnaia- untuk mendahului Marquez dan naik ke urutan kedua.

Bastianini terus memimpin sampai memasuki lap kedua di depan Pecco. Sementara Martinator -julukan Martin- sudah mampu menyalip Acosta ke posisi empat di belakang Marquez.

Tiga lap sprint berjalan, The Beast -julukan Bastianini- memimpin dengan keunggulan 0,930 detik atas Pecco. Martin dan Marquez masih berusaha keras untuk memangkas jarak dari mereka. Di posisi keempat, Acosta terjatuh di Tikungan 3 tetapi masih bisa melanjutkan balapan.

Tepat di tikungan terakhir, Martin berhasil melangkahi Marquez dan mulai mengejar Pecco. Bastianini semakiin memperlebar keunggulannya di posisi terdepan dari rekan setimnya dengan selisih lebih dari satu detik.

Pada lap ketujuh, Martin akhirnya mampu menyalip Pecco dengan akselerasi yang ciamik. Namun, dia nampak keluar dari trek di ujung tikungan sehingga mendapatkan peringatan dari steward.

Lima lap jelang finis, Bastianini unggul 1,5 detik di depan Martin. Sementara itu Pecco menjauh dari Marquez dengan keunggulan satu detik meski terlihat kesulitan menempel Martin yang ada di hadapannya.

Dua lap menuju finis, Martin sempat melebar di Tikungan 3. Akan tetapi Pecco tak mampu memanfaatkan momentum itu untuk mendahuluinya.

Bastianini terus mempertahankan posisi terdepan hingga finis sebagai pemenang. Pecco pun tak bisa melampaui Martin sampai balapan selesai sehingga harus puas naik podium ketiga.
(sto)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More