Daftar Clean Sheet Terbaik di 5 Liga Top Eropa Musim Ini

Minggu, 03 Mei 2020 - 06:09 WIB
Peran kiper di bawah mistar gawang kerap diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang sulit terpisahkan dalam bagian pertandingan / foto: Kolase
JAKARTA - Kiper merupakan salah satu tokoh terpenting di lapangan sepak bola. Perannya di bawah mistar gawang kerap diibaratkan seperti dua sisi mata uang yang sulit terpisahkan dalam bagian pertandingan.

Di sisi lain, penjaga gawang kerap memberikan keuntungan buat klub. Tapi sisi lain, penjaga gawang sering mendapatkan kritikan lantaran kesalahan yang dilakukannya, sehingga posisinya selalu berada di bawah pengawasan penggemar.

Karena itu, kiper merupakan bagian yang sulit dipisahkan dari keberhasilan sebuah klub. Sudah banyak nama-nama yang menghiasi keberhasilan klub di Eropa. Sebut saja Edwin van der Sar.

Selama kariernya membela empat klub berbeda, yakni Ajax Amsterdam, Juventus, Fulham, dan Manchester United, penjaga gawang asal Belanda itu telah mengoleksi banyak prestasi membanggakan.

Mulai dari Kiper Terbaik Eropa 2008/2009, kiper terbaik Liga Inggris 2008/2009, hingga catatan clean sheet bersama Juventus 1999/2000 serta 2000-2001 di Serie A sebanyak 17 kali. Meskipun saat ini van der Sar sudah pensiun, namun prestasinya masih menempel. Lantas, siapa sajakah kiper yang dianggap terbaik di Eropa berikutnya?



Berikut Statistik Kiper Terbaik di 5 Liga Top Eropa Musim ini:

1. Jan Oblak (Atletico Madrid)



Jan Oblak adalah kiper yang tampil dalam 27 pertandingan atau 2.406 menit musim ini bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol. Oblak rata-rata mampu meminimalisir gawangnya untuk tidak kebobolan dengan persentase 0,71 gol untuk setiap 90 menit. Rasio Clean Sheet sebesar 41%. Itu berarti Oblak telah menjaga Clean Sheet dalam 11 pertandingan dari 27 pertandingan yang dimainkannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More