Ambisi Persija, Jaga Dominasi di Piala Gubernur Jawa Timur

Senin, 17 Februari 2020 - 08:05 WIB
Ambisi Persija, Jaga Dominasi di Piala Gubernur Jawa Timur
Ambisi Persija, Jaga Dominasi di Piala Gubernur Jawa Timur
A A A
MALANG - Mengalahkan Madura United tidak sekadar menjadi tiket ke babak final Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Lebih dari itu, kemenangan dalam laga nanti akan menegaskan dominasi Persija Jakarta sepanjang gelaran turnamen pramusim tersebut.

Macan Kemayoran kembali menunjukkan taringnya setelah musim lalu terseok-seok di Liga 1. Turnamen Piala Gubernur Jatim bisa menjadi tolok ukur kekuatan Persija Jakarta untuk menyongsong kompetisi musim 2020.

Marko Simic dkk lolos ke babak semifinal dengan status tak terkalahkan dan mengunci posisi juara grup. Menang telak 4-1 atas Persela Lamongan, unggul dua gol dari Sabah FA, dan bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Arema FC.

Tidak hanya itu, Persija juga menjadi tim paling produktif sepanjang turnamen yang pertama kali digulirkan pada 2002 silam tersebut. Total delapan gol dilesakkan skuad ibu kota dan hanya kebobolan dua gol. Simic menjadi penyumbang terbanyak dengan empat gol dan menjadi top skor sementara. Hanya Persebaya Surabaya yang mendekati torehan Persija dengan tujuh gol dan 4 kali kebobolan.

Persija akan kembali mencoba mempertahankan dominasi tersebut saat ditantang Madura United pada semifinal di Stadion Kanjuruhan Malang sore ini. Menilik kekuatan performa kedua tim sepanjang turnamen, seharusnya Macan Kemayoran tidak kesulitan menaklukkan tim asal Pulau Garam tersebut.

Sepanjang fase grup, Madura United gagal menunjukkan performa terbaiknya. Mereka lolos ke semifinal dengan status runner up grup A setelah meraih satu kemenangan, sekali imbang dan satu kekalahan. Tidak hanya itu, Laskar Sape Kerrap juga kurang produktif dan hanya mencetak 4 gol dan tiga kali kebobolan.

Situasi ini bisa dimanfaatkan Persija Jakarta untuk meraih kemenangan dalam laga nanti. Simic yang dipastikan kembali menjadi senjata utama di lini depan dengan ditopang Evan Dimas, Riko Simanjuntak dan Osvaaldo Haay di lapangan tengah.

“Madura United tim yang bagus tapi kami sudah siap. Kami ingin menunjukkan jika Persija adalah tim besar dalam turnamen ini. Bagi kami, kemenangan dalam laga nanti sangat penting untuk menghadapi liga nanti,” jelas Ferias.

Dalam laga nanti, Sergio Ferias diprediksi masih akan melakukan utak atik komposisi pemain dan formasi. Apalagi, turnamen ini juga digunakan untuk mencari komposisi terbaik tim untuk menghadapi Liga 1. Apalagi, Macan Kemayoran memiliki banyak stok pemain terutama di lapangan tengah dengan kedatangan Evan Dimas, Mark Klok, dan Osvaaldo Haay.

Pada laga semifinal lainnya, dua musuh bebuyutan Arema FC dan Persebaya Surabaya akan kembali bertemu. Pertandingan ini tidak hanya sekadar perebutan tiket semifinal namun juga adu gengsi dua tim Jawa Timur yang selama ini kerap menghadirkan laga panas. Penyelenggara bahkan harus memindahkan venue pertandingan ke Blitar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (abriandi)
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8158 seconds (0.1#10.140)